Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [ASEAN Para Games 2022] Mengenal Lebih Dekat Suryo Nugroho, Atlet Andalan Para Bulutangkis Indonesia
30 Juli 2022
[ASEAN Para Games 2022] Mengenal Lebih Dekat Suryo Nugroho, Atlet Andalan Para Bulutangkis Indonesia
 
 

Suryo Nugroho adalah atlet para bulutangkis Indonesia yang akan tampil si ASEAN Para Games (APG) 2022 pada 30 Juli-6 Agustus di Editorium UMS, Surakarta.

Suryo sejatinya terlahir normal. Namun pada tahun 2006 silam, kecelakaan tunggal menimpa dirinya saat mengendarai motor. Hal tersebut membuat tangan kirinya harus diamputasi. Saat itu Suryo sempat merasa tidak ada kesempatan lagi bagi dirinya untuk meneruskan cita-citanya sebagai atlet bulutangkis. Pria kelahiran Surabaya 17 April 1995 itu pun sempat rehat dari bulutangkis selama 3 tahun.

Namun harapan baru bagi dirinya datang pada tahun 2009. Suryo diberi tahu oleh salah satu pelatihnya jika ada olahraga khusus disabilitas. Hal itu pun langsung membuat dirinya tertarik.

Saya awal mula main bulutangkis itu usia 7 tahun. Saya itu sebenarnya terlahir normal, tetapi pada tahun 2006 saya mengalami kecelakaan tunggal di motor yang mengharuskan tangan kiri saya diamputasi. Kemudian saya vakum nggak main bulutangkis selama 3 tahun sampai 2009. Sejak saat itu saya dikasih tahu kalau ada olahraga khusus disabilitas, dan saya kembali memutuskan untuk latihan lagi. Baru 1 bulan latihan, habis itu saya bertanding di Pekan Paralimpiade Nasional Pekan Olahraga (Peparnas) dan langsung juara,” ungkap Suryo kepada tim Pbdjarum.org yang sedang meliput langsung jalannya latihan jelang pertandingan APG 2022 di Edutorium UMS Sabtu, (30/7).

Keberhasilan Suryo di turnamen pertamanya pada ajang khusus disabilitas, membuat dirinya semakin percaya diri. Tak selang begitu lama, Suryo pun mengikuti ajang Kejuaraan Nasional. Dan kembali, Suryo mendapatkan hasil terbaik di ajang itu.

Setelah itu ada Kejuaraan Nasional sekaligus menjadi ajang Seleksi Nasional untuk mewakili Indonesia di ajang Asian Para Games 2010. Dan saat itu saya juga juara dan masuk pelatnas,” jelas Suryo.

Sejak itulah berbagai prestasi berhasil Suryo raih untuk Indonesia. Termasuk di ajang paling bergengsi Paralympic Tokyo 2020, di mana Suryo berhasil menyabet medali perunggu. Namun, sepanjang karirnya, Suryo mengatakan moment paling berkesan bagi dirinya bukanlah di Tokyo, melainkan di Ulsan, Korea Selatan, pada ajang Kejuaraan Dunia Para Badminton 2017.

Paling mengesankan selama saya berkarir yaitu juara dunia di Korea tahun 2017. Kebetulan di tahun yang sama sebelumnya saya mengikuti Asean Para Games di Malaysia dan mendapat dua perunggu. Dan alhamdulillah terbayar di Kejuaraan Dunia itu, saya mendapat 1 emas di ganda putra dan 1 perak di tunggal,” ujar Suryo.

Berikut daftar prestasi Suryo Nugroho:

Juara 1 Indonesia Open Parabadminton 2014 kategori ganda campuran

Juara 1 Indonesia Open Parabadminton 2015 tunggal putra

Juara 1 Indonesia Open Parabadminton 2016 kategori ganda putra

Juara 1 Asian Parabadminton Championship 2016 kategori tunggal putra

Juara 1 World Championship Parabadminton 2017 kategori ganda putra

Runner up Dubai Open 2018 kategori ganda putra

Runner up Irlandia Open 2018 kategori ganda putra

Runner up Thailand Open 2018 kategori tunggal putra

Medali Perunggu Paralympic 2020 kategori tunggal putra

(AH)