Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [BWF World Championships 2022] Kekuatan Indonesia Berkurang
09 Agustus 2022
[BWF World Championships 2022] Kekuatan Indonesia Berkurang
 
 

Kejuaraan bulutangkis BWF World Championships 2022 akan dilaksanakan di Tokyo, Jepang, pada tanggal 22-28 Agustus 2022 nanti. Tentunya, sejumlah pemain tengah sibuk mempersiapkan diri pada ajang yang sejak 2005 dilaksanakan setiap tahun. Sayangnya, kabar kurang menggembirakan datang dari pasukan merah putih. Kekuatan Indonesia berkurang di tiga sektor yang akan diikuti. Tunggal putra, ganda putri, dan ganda campuran masing-masing akan kehilangan satu wakilnya.

Shesar Hiren Rhustavito, Mychelle Crhystine Bandaso, dan Putri Syaikah urung menjadi wakil Indonesia yang diberangkatkan ke Jepang. Latihan khusus yang diberikan kepada ketiganya pasca cedera rupanya belum cukup untuk mengikuti kejuaraan akbar. Ketiga pemain ini oleh Rionny Mainaky, selaku Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, dinyatakan tidak siap untuk mengikuti pertandingan. Selain kehilangan Shesar di sektor tunggal putra, Indonesia juga tidak akan menyertakan pasangan ganda putri Nita Violina Marwah/Putri Syaikah serta pasangan ganda campuran Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso.

"Ya, ketiga pemain tersebut sudah pasti kita tarik dari Kejuaraan Dunia. Ini karena mereka sebelumnya memang saya targetkan kalau dalam dua minggu terakhir ini mereka tidak bisa ke lapangan dengan program full, maka kita tarik, karena mereka tidak siap untuk bertanding," tuturnya.

Mychelle masih harus menjalani terapi untuk menyembuhkan cedera yang dialaminya.

"Jadi dia harus terapi lagi, tapi saya rasa itu sudah maksimal. Kalau dalam sepuluh hari mereka tidak bisa ikut program yang full, saya anggap mereka tidak siap. Juga saya tanya kembali ke pemain, Mychelle menyebut memang tidak siap bertanding. Jadi kita tarik dari Kejuaraan Dunia 2022," ungkapnya.

Putri Syaikah yang mengalami cedera lutut juga mendapat vonis yang sama.

"Tetapi ternyata sama saja. Untuk level pertandingan internasional atau Kejuaraan Dunia, dengan persiapan hanya dua minggu, meski kita paksakan saya rasa tidak mungkin. Dan atletnya pun sudah menyerah karena tidak sanggup. Jadi kita ambil keputusan untuk menarik Chika dari Kejuaraan Dunia," ujarnya.

Hal yang sama pun dialami oleh Shesar. Latihan penguatan yang diberikan oleh pelatih pasca cedera betis yang dialami, rupanya tidak juga bisa dilahap oleh pemain yang baru saja melangsungkan pernikajan. 

"Kalau Vito memang dari penguatan karena dia mengalami cedera di bagian betis, dia pun sebenarnya sudah mencoba melakukan latihan penguatan dengan bersepeda. Tetapi dalam dua minggu terakhir hingga pekan lalu, dia tidak bisa masuk lapangan untuk latihan. Walaupun hanya untuk mencoba, dia tetap tidak bisa. Jadi kita menilai Vito tidak siap bertanding. Ketika kita tanya, atletnya pun merasa tidak siap. Maka kita tarik mundur juga,"
pungkasnya.

Tim Indonesia di Kejuaraan Dunia:

Tunggal putra
Anthony Sinisuka Ginting
Jonatan Christie
Tommy Sugiarto

Tunggal putri
Gregoria Mariska Tunjung
Putri Kusuma Wardani

Ganda putra
Kevin Sanjaya Sukamuljo*/Marcus Fernaldi Gideon
Mohammad Ahsan*/Hendra Setiawan
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto
Bagas Maulana*/Muhammad Shohibul Fikri

Ganda putri
Ribka Sugiarto*/Siti Fadia Silva Ramadhanti*
Febriana Dwipuji Kusuma*/Amalia Cahaya Pratiwi

Ganda campuran
Rinov Rivaldy*/Phita Haningtyas Mentari
Rehan Naufal Kusharjanto*/Lisa Ayu Kusumawati*
Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Juliamarbela

*Pemain Pelatnas asal PB Djarum