Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Peringkat Dunia] Ana/Tiwi Dekati Apri/Fadia
04 Oktober 2022
[Peringkat Dunia] Ana/Tiwi Dekati Apri/Fadia
 
 

Pasangan ganda putri Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi memang hanya meraih runner up di kejuaraan Vietnam Open 2022 usai kalah dari ganda Thailand, Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard pada babak final. Sebagai finalis, pasangan yang biasa dipanggil dengan Ana/Tiwi mendapat tambahan 4680 poin dan cukup membuat mereka menduduki peringkat 29 dunia, sekaligus sebagai ganda putri terbaik kedua setelah pasangan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadanti.

Apri/Fadia masih kokoh di peringkat 26 dunia dengan poin 45.690. Selisih sedikit dengan pasangan dari China, Liu Xuan Xuan/Xia Yua Ting yang berada diatasnya.

Sayangnya, perbedaan peringkat yang begitu jauh ganda putri Indonesia sesudahnya terlihat pada daftar peringkat yang telah dirilis hari ini (4/10) oleh Badan Bulutangkis Dunia (BWF). Dampak mundurnya pemain ganda putri dari pelatnas serta cedera beberapa pemain juga ikut memperburuk peringkat dunia ganda putri lapis berikutnya. Untungnya, pasangan Meilysa Tria Puspita Sari/Rachel Allessya Rose mendapatkan peningkatan peringkat sebanyak sepuluh tangga dan membuat mereka bertengger di urutan 82. Kenaikan satu peringkat pasangan Melani Mamahit/Tryola Nadia ke peringkat 81 masih belum bisa mengamankan posisi mereka. Pasalnya Melani Mamahit masih harus berkutat dengan cedera yang dialami usai mengikuti kejuaran di Malaysia dan Singapura.

Di luar seratus besar dunia, beberapa pasangan ganda putri Indonesia mendapat tambahan peringkat. Anisanaya Kamila/Az Zahra Ditya Ramadhani melesat naik 18 peringkat ke urutan 102. Pasangan binaan PB Djarum lainnya, Titis Maulida Rahma/Bernadine Anindiya Wardana melonjak tajam ke peringkat 162 dari 196 pada pekan lalu. (AR)