Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Malang Indonesia International Challenge 2022] Sativa Singkirkan Wakil Tiongkok
13 Oktober 2022
[Malang Indonesia International Challenge 2022] Sativa Singkirkan Wakil Tiongkok
 
 

Tiket babak perempat final Malang Indonesia International Challenge 2022, berhasil diamankan oleh pebulutangkis tunggal putri Indonesia besutan PB Djarum, Aisyah Sativa Fatetani. Ia sukses melawati babak 16 besar dengan mengalahkan wakil Tiongkok, Chen Lu, pada laga yang berlangsung di Platinum Arena, Malang, Jawa Timur, Kamis (13/10) sore.

Tidak mudah bagi Sativa untuk bisa memenangkan laga tersebut. Pasalnya ia harus berjuang tiga game lebih dulu, sebelum akhirnya meraih kemenangan dengan skor 10-21, 23-21, 21-16.

Sativa mengaku sempat kesulitan melawan wakil Negeri Tirai Bambu tersebut pada game pertama. Tunggal putri rangking 184 dunia itu banyak mengikuti pola permainan lawan, sehingga game pertama tertinggal jauh.

Beruntung di game kedua dan ketiga, Sativa mampu bangkit dan keluar dari tekanan untuk meraih kemenangan.

"Pada pertandingan ini saya sempat terbawa permainan lawan. Memasuki game kedua saya mencoba keluar dari tekanan dan tampil lebih menekan," aku Sativa.

Di jelang akhir game kedua, Sativa sempat ketinggalan. Namun, dia ngotot dan pantang menyerah. Akhirnya dia menang 23-21 untuk memaksakan digelar game ketiga.

"Sempat nervous mengingat skor sempat ketat dan saya persiapkan untuk game ketiga. Secara keseluruhan saya bisa mengendalikan permainan dan pelatih memberikan instruksi yang pas untuk saya," ungkap Sativa.

Dengan kemenangan ini, Sativa lolos ke babak delapan besar turnamen berhadiah total 15 ribu dolar AS ini. Pada babak perempat final, Sativa akan berhadapan dengan tunggal putri Jepang, Riko Gunji.

Pebulutangkis asal Negeri Sakura dengan rangking 83 dunia itu membuat kejutan setelah mengalahkan unggulan pertama, Putri Kusuma Wardani. Juara Orleans Masters 2022 itu tertahan langkahnya di babak 16 besar seusai takluk dengan skor identik 19-21, 19-21. (AH)