Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [BWF Para Badminton World Championships 2022] Indonesia Juara Umum
06 November 2022
[BWF Para Badminton World Championships 2022] Indonesia Juara Umum
 
 

Indonesia boleh berbangga hati, karena pada ajang BWF Para Badminton World Championships 2022 yang berlangsung di tokyo, Jepang, pasukan merah putih berhasil menjadi juara umum. Total enam medali emas berhasil dipersembahkan oleh atlet para badminton Indonesia. Tak hanya itu, dua runner up juga bisa diraih oleh wakil-wakil Indonesia. Hasil babak final yang dilangsungkan hari ini (6/11), menjadi kepastian munculnya Indonesia sebagai pemegang gelar terbanyak.

Rina Marlina dan Kalimatus Sadiyah Sukohandoko menjadi pemain Indonesia yang berhasil meraih dua gelar sekaligus. Rina yang bertanding pada sektor tunggal putri SH 6 meraih gelar juara usai mengalahkan wakil dari Peru, Carmen Giuliana Poveda Flores  dengan 21-14, 21-14. Gelar kedua bagi Rina datang dari sektor ganda campuran SH 6. Rina yang berpasangan dengan Subhan kembali mengalahkan pemain yang sama dari Peru, Carmen Giuliana Poveda Flores yang berpasangan dengan Nilton Quispe Ignacio. Hanya dalam dua game 21-9, 21-15, Subhan/Rina meraih gelar juara.

Sementara itu Khalimatus meraih gelar dari sektor ganda putri SL 3 – SU 5 dan ganda campuran SL 3 – SU 5. Khalimatus Sadiyah Sukohandoko/Leani Ratri Oktila mencatatkan namanya sebagai juara ganda putri. Hanya saja mereka butuh waktu panjang untuk mengalahkan wakil dari Prancis, Lanaig Morin/Faustine Noel. Unggul di game pertama dengan 21-14, Leani/Khalimatus kalah di game kedua dengan 16-21. Untungnya di game ketiga ganda putri Indonesia kembali pada performanya dan menang dengan 21-13. Gelar kedua dari Khaimatus diraih bersama dengan Fredy Setiawan. Ganda Thailand, Siripong Teamarrom/Saensupa Nipada dikalahkan Fredy/Khalimatus pada babak puncak dengan 21-15, 21-12.

Dua gelar juara datang dari ganda putra. Dua gelar dipersembahkan pasangan Hikmat Ramdani/Ukun Rukaendi dan Dheva Anrimusthi/Hafizh Briliansyah Prawiranegara. Hikmat/Ukun menjadi yang terbaik dari sektor ganda putra SL 3 – SL 4 dengan mengalahkan pasangan India, Pramod Bhagat/Manoj Sarkar melalui rubber game 14-21, 21-18, 21-13 sementara Dheva/Hafizh unggul dari ganda Malaysia, Mohamad Faris Ahmad Azri/Cheah Liek Hou dengan kedudukan akhir 21-13, 21-12.

Dua runner up diperoleh Fredy Setiawan dan Dheva Anrimusti yang sama-sama turun bertanding di tunggal putra. Fredy yang bertanding pada sektor tunggal putra SL 4 kalah dari pemain Prancis Lucas Mazur dengan 12-21, 17-21. Dheva dihentikan pemain Malaysia, Cheah Liek Hou dalam dua game 14-21, 12-21. (AR)