Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Petronas Malaysia Open 2023] Fadia Cedera, Ganda Putri Indonesia Mundur
14 Januari 2023
[Petronas Malaysia Open 2023] Fadia Cedera, Ganda Putri Indonesia Mundur
 
 

Pasangan ganda putri Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, gagal menembus babak final pada ajang Petronas Malaysia Open 2023. Apri/Fadia terpaksa mengubur impiannya dalam-dalam untuk bisa mempertahankan gelar juaranya. Pada babak semifinal yang dilangsungkan hari ini (14/1), Apri/Fadia terpaksa mundur akibat cedera yang diderita oleh Fadia.

Posisi Apri/Fadia saat menghadapi ganda China, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan dalam posisi tertinggal di game kedua dengan 0-1.  Saat itulah Fadia memaksa mengejar shuttlecock yang berlari deras ke sisi kanan bidang lapangannya. Fadia pun harus dibawa keluar lapangan dengan menggunakan kursi roda. Apri/Fadia mundur dengan skor 9-21, 0-2.

Apri tidak dapat menyembunyikan rasa sedih atas cedera yang diderita oleh pasangannya.

Sedih. Kami sedih, Fadia sedih, saya sedih, dan pelatih pun juga tidak menginginkan ini, karena kami sangat mempersiapkan performa kami dari kemain sampai hari ini, hanya Allah berkehendak lain. Saya hanya bisa berterimakasih kepada Fadia karena dia sudah menampilkan permainan yang terbaik sampai semifinal ini, dia sudah mau terus belajar, dan kami akan terus berjuang doakan kami, agar bisa jadi juara-juara di kemudian hari lagi di turnamen-turnamen selanjutnya,” ujar Apri sambil menahan sedih.

Eng Hian, kepala pelatih ganda putri memastikan jika Fadia cedera pada engkel kanan. “Fadia mengalami cedera engkel kanan. Itu terjadi di awal gim kedua. Dia cedera karena salah antisipasi. Dia pun terpaksa mundur dari pertandingan,” ucapnya.

Dr Ventily Tan, tim Medis PBSI, belum bisa memastikan seberapa parah cedera yang dialami oleh fadia.

Fadia sudah langsung mendapat perawatan baik oleh panitia pertandingan. Dari laporan dokter BWF dari panpel Malaysia Open, dinyatakan Fadia mengalami strain ligament pergelangan kaki kanan. Kami pun sudah memberikan perawatan terbaik, dengan memberinya obat dan tindakan terhadap cedera engkel kanan Fadia. Cuma untuk memastikan bagaimana parah cedera Fadia, akan segera dilakukan MRI di Jakarta,” tuturnya.

Babak final ganda putri akhirnya mempertemukan ganda China, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan melawan wakil Korea, Baek Ha Na/Lee Yu Lim. Pertandingan babak puncak akan dilangsungkan besok (15/1). (AR)