Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Daihatsu Indonesia Masters 2023] Tembus Final, Jonatan: Perjuangan Belum Berakhir
28 Januari 2023
[Daihatsu Indonesia Masters 2023] Tembus Final, Jonatan: Perjuangan Belum Berakhir
 
 

Gemuruh publik Istora Senayan Jakarta, yang memadati hampir seluruh bangku penonton, menyambut kemenangan tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie pada laga semifinal Daihatsu Indonesia Masters 2023 siang ini, Sabtu (28/1).

Menghadapi wakil China, Shi Yu Qi, Jonatan mampu tampil cemerlang. Meski sempat membuat tegang seluruh pendukungnya, akhirnya Jonatan mampu menyelesaikan tugasnya dengan baik usai menang lewat pertarungan tiga game 21-12, 15-21, dan 21-19 dalam waku 73 menit.

Pertama pasti Puji Tuhan untuk pertama kalinya bisa bermain final di Istora selain Asian Games. Ini sangat berarti banget buat saya, terus juga bisa ngalahin Shi Yu Qi. Soalnya pertandingan terakhir kalah dua game langsung dan sekarang bisa revans di hadapan pendukung Istora," ungkap peraih medali emas Asian Games 2018 itu.

Sebelumnya, Jonatan harus takluk di tangan Shi pada laga 16 besar Olimpiade Tokyo 2020 dengan kekalahan 11-21, 9-21. Jonatan pun mengakui, persiapan yang kurang menjadi salah satu alasan dirinya tidak mampu tampil maksimal di pertemuan sebelumnya tersebut.

Kayaknya waktu itu, persiapan yang kurang menjelang Olimpiade memang bukan jadi alasan. Tetapi karena H-2 minggu sebelum berangkat Training Camp itu saya kena Covid-19. Dan itu benar-benar harus istirahat total selama 2 minggu. Jadi ketika sudah melakukan persiapan 2 minggu sebelumnya dan harus stop karena kena Covid, itu sangat mengganggu,” tutur Jonatan.

Over all bukan alasan. Mungkin juga pemikiran saya kurang tenang dan berharap besar banget. Jadi melupakan hal-hal kecil,” tambah Jonatan.

Kembali menceritakan pertandingannya di semifnal, Jonatan mengatakan kunci kemenangannya di game pertama dan ketiga.

Game pertama dan ketiga jadi jangan dibiarkan poin demi poin hilang dengan gampang. Itu yang terjadi di game kedua, saya telat adaptasi yang membuat Shi unggul lebih jauh,” jelas Jonatan.

Di final, besok Minggu (29/1), Jonatan masih menunggu pemenang antara wakil Indonesia lainnya Chico Aura Dwi Wardoyo yang akan berhadapan dengan Ng Ka Long Angus. Meski sangat senang menyambut final, namun Jonatan mengatakan perjuangannya belum berakhir.

Perjuangan belum berakhir, masih ada besok, dan semoga Chico bisa menang juga,” tutup Jonatan. (AH)