Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Yonex All England 2023] Fajar/Rian Menang, Indonesia Punya Tiga Wakil di Semifinal
17 Maret 2023
[Yonex All England 2023] Fajar/Rian Menang, Indonesia Punya Tiga Wakil di Semifinal
 
 

Indonesia memastikan tiga wakilnya melaju ke babak semifinal Yonex All England 2023. Setelah Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan lolos, ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto juga sukses mengamankan diri.

Di babak perempat final sendiri sebelumnya, Fajar/Rian mengalahkan juara bertahan All England, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri dengan skor 21-18, 21-13. Kemenangan ini sekaligus menjadi yang kelima kalinya buat Fajar/Rian dalam enam kali pertemuan.

“Pertandingan tadi kami merasa kami lebih siap secara strategi. Kami sudah tahu kelebihan mereka, Fikri dengan permainan depan yang sangat baik dan Bagas dengan power yang bagus tapi kami bisa meredamnya. Komunikasi kami lancar dan terus belajar dari kesalahan, ini kunci kemenangan kami hari ini,” kata Fajar di Utilita Arena Birmingham, Jumat (18/3).

“Kami tidak pernah menyangka lebih mudah melawan mereka, sebagai juara bertahan Bagas/Fikri terlihat enjoy bermain di sini tapi kembali lagi kami sudah siap dengan strategi kami,” lanjutnya.

Di sisi lain, Bagas/Fikri mengaku kecewa dengan permainan mereka karena tidak bisa mempertahankan gelarnya. Meski begitu mereka juga bersyukur karena bisa menyentuh babak perempat final, setelah di beberapa turnamen lalu, kalah di babak-babak awal.

Dengan hasil ini Bagas/Fikri berharap bisa tampil lebih percaya diri di Swiss Open 2023 yang akan mereka ikuti pekan depan.

“Kami kecewa dengan permainan kami hari ini, jauh sekali dari apa yang diharapkan. Permainan kami tidak keluar, semuanya sudah dibaca oleh Fajar/Rian. Kami sudah berusaha dengan segala cara dicoba tapi hasilnya tidak bagus juga,” ujar Fikri.

“Evaluasinya kalau lawan Fajar/Rian lagi, kami harus memperbaiki semuanya, memperbanyak variasi dan pola. Ini PR kami ke depan. Hasil ini buat percaya diri kami cukup meningkat, semoga di Swiss Open minggu depan bisa mendapat hasil yang terbaik,” papar Bagas.

Di semifinal, Fajar/Rian akan berhadapan dengan pasangan China, He Ji Ting/Zhou Hou Dong.

“Kami harus waspadai kecepatan dan power mereka. Sekarang kami harus jaga fokus, jaga mental dan istirahat yang cukup. Besok bukanlah pertandingan yang mudah,” pungkas Rian.

Babak semifinal All England 2023 akan berlangsung pada Sabtu (18/3) mulai pukul 10.00 waktu Birmingham, atau pukul 17.00 WIB. (NAF)