Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Swiss Open 2023] Perang Saudara di Babak Pertama
21 Maret 2023
[Swiss Open 2023] Perang Saudara di Babak Pertama
 
 

Undian kejuaraan bulutangkis Swiss Open 2023 sepertinya tidak bersahabat dengan Indonesia. Bagaimana tidak, di babak awal saja dua pasang ganda putri Indonesia sudah harus bertemu. Memang tidak bisa dihindari pertemuan antara Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi dengan Ribka Sugiarto/Lanny Tria Mayasari di babak pertama pada kejuaraan dengan kategori BWF World Tour Super 300.

Ini merupakan pertemuan resmi pertama bagi keduanya. Hanya saja keduanya sudah tahu kelebihan dan kekurangan masing-masing, karena kedua ganda andalan Indonesia ini selalu berlatih bersama di Pelatnas. Tetapi jika dilihat dari peringkat dunia, Febriana/Amalia lebih diunggulkan. Berdasarkan peringkat terbaru, Febriana/Amalia ada di peringkat 19 sementara Ribka/Lanny masih di urutan 46.

Indonesia menurunkan empat pasang ganda putri pada kejuaraan yang menyediakan hadiah total USD210.000. Hanya pasangan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti yang hadir ke Basel, Swiss, sebagai pasangan unggulan. Ganda yang biasa disapa dengan Apri/Fadia yang duduk sebagai unggulan kedua akan bertemu pasangan dari India, Tressa Jolly/Gayatri Gopichand Pulella pada babak pertama yang dilangsungkan hari ini (21/3). Apri/Fadia tidak boleh pandang sebelah mata ganda India yang kini ada di peringkat 18 dunia. Pada ajang All England yang baru selesai pada pekan lalu, ganda India ini bisa mencapai babak semifinal dengan mengalahkan sederet ganda putri terbaik dunia. Bagi Apri/Fadia, ini merupakan pertemuan pertama dengan Tressa/Gayatri.

Satu pasang ganda putri Indonesia lainnya, Mellysa Trias Puspita Sari/Rachel Allessya Rose harus merangkak dari babak kualifikasi. Jika bisa menang dari ganda Jepang, Sayaka Hobara/Yui Suizu, maka Mellysa/Rachel berhak bertanding di babak utama. (AR)