Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Badminton Asia Championshis 2023] Tiga Ganda Putra ke Babak Delapan Besar
27 April 2023
[Badminton Asia Championshis 2023] Tiga Ganda Putra ke Babak Delapan Besar
 
 

Ajang Badminton Asia Championships 2023 sudah menyelesaikan babak kedua dan akan memulai pertandingan babak perempat final. Indonesia punya tiga wakil ganda putra di babak delapan besar. Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri menjadi pasangan ganda putra Indonesia pertama yang lolos ke babak delapan besar. Sesudahnya diikuti pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Fajar/Rian mengamankan satu tiket babak delapan besar usai menghempaskan pasangan dari Taiwan, Lee Jhe Huei/Yang Po Hsuan. Fajar/Rian yang duduk sebagai unggulan pertama menang straight game 21-14, 21-12.

“Pertama-tama mengucap syukur alhamdulillah diberikan kelancaran dalam pertandingan hari ini. Kami memang menang tapi masih ada kesalahan-kesalahan yang dibuat dari kami berdua. Ini harus diperbaiki agar di pertandingan selanjutnya bisa lebih baik lagi,” ujar Fajar usai pertandingan kepada tim Humas dan Media PP PBSI.

“Kami melihat pasangan Taiwan sulit untuk mengontrol shuttlecock yang agak kencang dan agak susah diatur jadi mereka banyak melakukan kesalahan-kesalahan sendiri,” tambah Rian.

Kemenangan dua game juga didapat oleh pasangan ganda putra senior Ahsan/Hendra. Penunggu unggulan ketiga ini menang 21-17, 22-20 atas ganda China, Ren Xiang Yu/Tan Qiang.

Di babak perempat final Fajar/Rian akan menghadapi ganda Malaysia, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi sementara Ahsan/Hendra bertemu ganda India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty. Fajar/Rian masih unggul kemenangan jika bertemu dengan ganda Malaysia berperingkat delapan dunia. Dari sepuluh kali pertemuan yang sudah terjadi, Fajar/Rian mengumpulkan tujuh kali kemenangan berbanding tiga kali kekalahan. Kemenangan Fajar/Rian termasuk pada pertemuan terakhir di kejuaraan Malaysia Open 2023. Ahsan/Hendra juga masih unggul dalam head to head dengan ganda India. Lima kali sudah keduanya bertemu. Ahsan/Hendra unggul dengan rekor 3-2. Sayangnya pada pertemuan terakhir di babak final India Open 2022, Ahsan/Hendra menelan kekalahan. (AR)