Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Canadian Para-Badminton International 2023] Indonesia Raih 4 Emas di Kanada
19 Juni 2023
[Canadian Para-Badminton International 2023] Indonesia Raih 4 Emas di Kanada
 
 

Timnas para-bulu tangkis Indonesia merebut empat medali emas, tiga perak, dan tiga perunggu dalam kejuaraan Canadian Para-Badminton International yang berlangsung di Ottawa pada 14-18 Juni 2023. Ajang ini merupakan event bagi atlet para-bulu tangkis Indonesia untuk mengumpulkan poin menuju Paralimpiade Paris 2024.

Keempat medali emas Indonesia dipersembahkan oleh ganda campuran SH6 atas nama Subhan/Rina Marlina, Hikmat Ramdani/Leani Ratri Oktila di ganda campuran SL3 - SU5, Qonitah Ikhtiar di nomor tunggal putri SL3, dan emas keempat dari Rina Marlina pada tunggal putri SH6.

“Dalam kejuaraan kali ini semua pemain menunjukkan permainan terbaik sehingga setiap laga berlangsung ketat sejak putaran pertama. Saya pastinya sangat senang akhirnya bisa memberikan yang terbaik,” kata Leani Ratri Oktila.

Ratri yang tampil di tiga nomor yakni tunggal putri, ganda putri, dan ganda campuran, yang mampu menyumbangkan emas di nomor ganda campuran yang berpasangan dengan Hikmat Ramdani. Walaupun selama turnamen berlangsung Hikmat bertanding dengan peralatan tanding seadanya karena ia kehilangan koper saat mendarat di Kanada.

“Iya sangat disayangkan, partner mix double saya kehilangan kopernya ketika mendarat di sini. Semua perlengkapan bertanding dan dokumen ada di dalam koper itu. Kejadian ini sangat mengganggu pikiran. Walaupun begitu partner saya berjuang dengan perlengkapan yang harus serba pinjam. Hingga turnamen selesai, koper pun belum ada padahal kami sudah mau kembali ke tanah air," jelas Ratri.

Pencapaian empat medali emas ini merupakan hasil yang sangat membanggakan karena semakin menambah poin untuk menuju Paralimpiade Paris 2024.

Pencapaian di Kanada terbilang luar biasa, karena semua atlet yang berlaga di sini merupakan atlet dari ASEAN Para Games Kamboja 2023 yang langsung terbang menuju ke Kanada tanpa harus kembali dahulu ke Indonesia.

“Kendala utama yang dihadapi atlet tentu masalah recovery karena sebelumnya atlet tampil di APG langsung menuju ke Kanada dan juga penjangnya perjalanan,” ucap Jarot Hernowo. Pelatih para-bulu tangkis Indonesia.

“Permainan atlet meningkat signifikan karena mampu mengimbangi perlawanan atlet dari negara lain yang selama ini menjadi pesaing terberat kita. Performa atlet masih dalam kondisi terjaga sesuai dengan tujuan kami untuk mengejar poin menuju Paris 2024,” tambah Jarot.

Sementara itu tiga medali perak dipersembahkan oleh Khalimatus Sa’diyah (tunggal putri SL4), Leani Ratri/Khalimatus (ganda putri SL3-SU5), dan pasangan ganda campuran SL3-SU5 Fredy Setiawan/Khalimatus. Medali perunggu diraih oleh Fredy Setiawan dan Hikmat Ramdani (tunggal putra SL4), dan Dheva Anrimusti di tunggal putra SU5.

Timnas para-bulu tangkis Indonesia yang berada di bawah naungan NPC Indonesia sangat berterima kasih kepada Kedutaan Besar Republik Indonesia di Kanada yang terus mengupayakan untuk menemukan koper Hikmat.

Apresiasi tinggi juga diberikan kepada warga negara Indonesia di Kanada atas support bagi atlet Indonesia selama mengikuti kejuaraan. Setelah tampil di Kanada, selanjutnya tim para-bulu tangkis Indonesia akan tampil di kejuaraan di Inggris yang merupakan turnamen level 1.