Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [BNI Indonesia Masters 2023] Jepang Kantongi Tiga Gelar Juara
29 Oktober 2023
[BNI Indonesia Masters 2023] Jepang Kantongi Tiga Gelar Juara
 
 

Tim Jepang berhasil keluar sebagai juara umum dengan mengantongi tiga gelar di BNI Indonesia Masters 2023. Gelar tersebut didapat dari sektor tunggal putra, tunggal putri dan ganda putra.

Tunggal putra Takuma Obayashi menjadi yang pertama memastikan gelarnya. Di babak final, Obayashi mengalahkan Choi Ji Hoon (Korea) dua game langsung dengan skor 21-8, 21-19.

“Saya sangat senang bisa merebut gelar super 100 pertama ini. Saya berharap ke depannya bisa menang sebanyak mungkin dan bisa bermain dengan senior-senior saya seperti Kento Momota dan lainnya,” kata Obayashi.

Turun bertanding di Jatim Expo, Surabaya, Minggu (29/10), Obayashi mengaku terkesan dengan keriuhan penonton Indonesia. Pengalaman ini tidak pernah ia dapatkan selama bertanding di Jepang.

“Di Jepang tidak ada penonton yang berteriak, bahkan tepuk tangan juga jarang. Sementara di sini sangat ramai, bahkan ada banyak penonton yang meneriakkan nama saya,” ungkap Obayashi.

Kegembiraan yang sama juga dirasakan oleh pemain tunggal putri Tomoka Miyazaki. Juara dunia junior tahun 2022 ini mengaku senang bisa merebut juara. Ia mengalahkan pemain Thailand, Pornpicha Choeikeewong dengan skor meyakinkan 21-9, 21-15.

“Di game pertama saya memilih lapangan yang lebih enak menurut saya. Saya mengerahkan semua permainan saya di game pertama. Di game kedua lawan mulai menyerang, tapi saya coba terus bertahan,” ujar Miyazaki.

“Tahun depan target saya bisa naik ke tim nasional A. Sekarang ini saya masih jarang ikut pertandingan. Jadi saya mau lebih banyak menang,” ungkap atlet muda yang mengidolakan Tai Tzu Ying ini.

Setelah Jepang mengantongi dua gelar, ganda putra Kenya Mitsuhashi/Hiroki Okamura tak mau ketinggalan. Mereka juga berhasil menang straight game 21-16, 21-18 atas pasangan Malaysia, Choong Hon Jian/Muhammad Haikal.

“Semua tim hari ini bekerja keras dengan baik. Jadi kami juga berusaha keras di lapangan. Kami senang akhirnya bisa juara,” kata Mitsuhashi.

“Lawan hari ini sama-sama bermain kidal. Jadi secara teknik kami agak kesulitan. Tapi kami akhirnya main pelan-pelan saja, yang penting stabil,” kata Nakamura.

Sementara itu, Indonesia sudah berhasil mengamankan satu gelar juara melalui Ribka Sugiarto/Lanny Tria Mayasari. Tim Merah Putih masih berpeluang menambah gelar melalui ganda campuran, Jafar Hidayatullah/Aisyah Salsabila Putri Pranata. (NAF)