Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Li-Ning China Masters 2023] Dua Ganda Campuran Melaju
21 November 2023
[Li-Ning China Masters 2023] Dua Ganda Campuran Melaju
 
 

Lepas dari Jepang, kejuaraan bulutangkis seri Asia masih terus berlanjut. China menjadi negara berikutnya yang menyelengarakan rangkaian kejuaraan yang dilaksanakan di Asia. China menggelar turnamen dengan tajuk Li-Ning China Masters 2023 yang dilaksanakan di kota Shenzhen, China. Kejuaraan ini termasuk dalam kategori BWF World Tour Super 750. Indonesia banyak menyertakan pemainnya pada kejuaraan yang menawarkan hadiah total US$1,000,000.

Di sektor ganda campuran Indonesia mendaftarkan empat pasangan. Tetapi hari ini (21/10) hanya dua pasang saja yang memulai pertandingan di babak pertama. Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari menjadi pasangan yang turun bertanding dan memulai babak pertama dengan baik. Keduanya bisa mengemas kemenangan dan melanjutkan pertandingan ke babak kedua.

Dejan/Gloria kembali harus bertanding tiga game untuk menaklukkan ganda Thailand, Supak Jomkoh/Supissara Paewsampran. Hal sama yang pernah dijalani oleh Dejan/Gloria pada dua pertemuan sebelumnya yang juga dimenangkan oleh ganda campuran Indonesia. Kali ini Dejan/Gloria menang dengan 13-21, 21-17, 21-16. Hasil ini merubah head to head menjadi 3-0 masih untuk keunggulan Dejan/Gloria.

Berbeda dengan Dejan/Gloria, pasangan Rinov/Pitha bisa mengemas kemenangan dalam dua game. Kemenangan dengan angka identik 21-18, 21-18 atas ganda campuran nomor satu Malaysia, Chen Tang Jie/Toh Ee Wei membawa Rinov/Pitha ke babak kedua. Rinov/Pitha memang memiliki rekor kemenangan yang baik jika bertemu dengan ganda Malaysia berperingkat sembilan dunia. Total tiga kali kemenangan bisa ditorehkan Rinov/Pitha atas Chen/Toh.

Baik Gejan/Gloria maupun Rinov/Pitha masih menunggu lawan di babak kedua. Tetapi jika dilihat dari undian yang ada, bukan tidak mungkin kedua ganda campuran Indonesia ini akan bertemu dengan pasangan unggulan. Jiang Zhen Bang/Wei Ya Xin, pasangan asal tuan rumah China yang ada diperingkat enam dunia rasanya akan ditemui oleh Rinov/Pitha. Itupun dengan catatan Jiang/Wei bisa menaklukkan ganda asal Taiwan, Lee Jhe Huei/Hsu Ya Ching. Dejan/Gloria juga kemungkinan besar akan menghadapi unggulan ketujuh dari Korea, Kim Won Ho/Jeong Na Eun.

Dua ganda campuran Indonesia lainnya baru akan bertanding di babak kedua besok (22/11). Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti akan bertemu dengan pasangan Jepang, Yuki Kaneko/Misaki Matsutomo sementara Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati langsung bertemu dengan unggulan ketiga asal China, Feng Yan Zhe/Huang Dong Ping. (AR)