Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Para-Bulu Tangkis Indonesia Rebut Tujuh Medali di Dubai
18 Desember 2023
Para-Bulu Tangkis Indonesia Rebut Tujuh Medali di Dubai
 
 

Sebanyak tujuh medali berhasil direbut oleh atlet para-bulu tangkis Indonesia dalam kejuaraan 5th Fazza Dubai Para Badminton International 2023. Dalam kejuaraan yang berlangsung Dubai, Uni Emirat Arab pada 11-17 Desember 2023, timnas para-bulu tangkis Indonesia sukses menyabet satu emas, tiga perak dan tiga perunggu.

Ganda campuran SL3-SU5, Leani Ratri Oktila/Hikmat Ramdani menjadi penyumbang emas bagi pasukan Merah-Putih. Dalam pertandingan final Al Nasr Club, Dubai, Minggu (17/12), Ratri/Hikmat mampu mengalahkann pasangan India, Manisha Ramadas/Pramod Bhagat 21-14 21-11.  

Kemenangan ini merupakan hasil maksimal terakhir yang diraih Ratri di tahun 2023. Ratri bersyukur bisa merebut satu emas dari tiga nomor yang ia ikuti.

“Puji Tuhan saya bisa menyelesaikan event terakhir di Tahun 2023 ini, walaupun saya kurang puas dengan hasil keseluruhan nomor yang saya ikuti. Tapi saya tetap berayukur atas prestasi yang saya raih,” ucap Ratri.

Selain tampil di ganda campuran, Ratri juga turun di ganda putri SL3-SU5, berpasangan Khalimatus Sadiyah dan tunggal putri SL4.  Pada dua nomor itu Ratri mampu meraih medali perak.

“Semoga nanti di tahun 2024, saya bisa meningkatkan prestasi lagi terutama di kejuaraan dunia dan Paralimpiade Paris,” harap Ratri.

Sama halnya dengan Ratri, menjadi satu-satunya peraih peraih medali emas bagi Indonesia di Dubai disyukuri oleh Hikmat Ramdani.

“Alhamdulillah, puji syukur di penghujung tahun 2023 ini saya bisa memberikan yang terbaik bagi Indonesia di Fazza Dubai Para-Badminton 2023. Pertandingan ini sangat penting untuk mengumpulkan poin menuju Paralimpiade Paris 2024,” kata Hikmat.

“Kami akan lebih menjaga kekompakan di lapangan. Tentunya kami juga akan melakukan evaluasi dan kedepannya semoga kami bisa terus konsisten berprestasi,” tandas Hikmat.

Kemenangan di Dubai semakin menunjukan dominasi Ratri/Himat dalam meraih juara dalam tiga bulan terakhir. Setelah meraih medali emas di Asian Para Games Hangzhou, Ratri/Hikmat juara di Hulic Daihatsu Japan Para-Badminton International 2023, merebut emas di World Abilitysport Games di Nakhon Ratchasima Thailand dan ditutup dengan gelar juara di Dubai, UEA.

Meski hanya mampu meraih satu mahkota juara di Dubai, namun pelatih Jarot Hernowo tetap mengapresiasi performa pemain indonesia dalam mengejar poin Paralimpiade 2024.

“Pencapaian ini sesuai dengan target dimana nomor-nomor unggulan bisa masuk final. Namun dari empat nomor pertandingan di final, hasilnya hanya satu medali emas yang bisa diraih,” ungkap Jarot.

Sementara itu tiga medali perak dipersembahkan oleh Qonitah Ikhtiar Syakuroh (WS SL3), Leani Ratri Oktila (WS SL4) dan Leani Ratri Oktila/Khalimatus Sadiyah (WD SL3-SU5).  Tiga medali perunggu dipersembahkan oleh Khalimatus Sadiyah (WS SL4), Suryo Nugroho (MS SU5) dan Fredy Setiawan/Khalimatus Sadiyah (XD SL3-SU5).

(HK/NPCI)