Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Febi, Tembus Lima Puluh Besar Dunia
01 Januari 2024
Febi, Tembus Lima Puluh Besar Dunia
 
 

Sektor ganda putri memiliki potensi besar memiliki pasangan lapis kedua yang bisa diharapkan. Satu di antaranya adalah Febi Setianingrum. Berdasarkan peringkat terbaru yang dirilis oleh Federasi Bulutangkis Dunia (BWF), pasangan hasil binaan PB Djarum ini sudah menembus peringkat lima puluh besar atau tepatnya 43 dunia bersama dengan pasangan tetapnya Jesita Putri Miantoro.

Peringkat dunia tertinggi yang pernah ia raih bersama dengan Jesita merupakan buah dari jerih payahnya selama tahun 2023. Selama tahun itu pula dua gelar juara bisa ia dan Jesita raih. Kisah suksesnya dimulai dari kejuaraan 31st Iran Fajr International Challenge 2023. Kejuaraan yang mulai di laksanakan pada akhir bulan Januari 2023, membawa mereka menjadi juara dengan mengalahkan ganda Malaysia, Go Pei Kee/Teoh Me Xing pada babak final. Gelar kedua didapat dari kejuaraan dalam negeri. Di Medan, Febi berjaya bersama Jesita dengan menjuarai kejuaraan Xpora Indonesia International Challenge 2023. Febi dan Jesita menjadi juara pada partai All Indonesian Final. Di babak puncak mereka mengalahkan pasangan dari PB Djarum, Velisha Christina/Bernadine Anindya Wardana.

Tercatat pula Febi dan Jesita menembus babak semifinal di empat turnamen yang diikutinya. Pada ajang Toyota Gazoo Racing Thailand International Challenge 2023, Febi dan Jesita takluk di tangan ganda Hong Kong, Lui Lok Lik/Ng Wing Yung dengan rubber game 23-21, 16-21, 16-21. Di dua kejuaraan yang dilaksanakan di kota Pahlawan, Surabaya, Febi dan Jesita harus puas sebagai semifinalis. Masing-masing pada kejuaraan Xpora Indonesia International Challenge 2023 dan BNI Indonesia Masters II 2023. Terakhir menjadi semifinalis di kejuaraan Yonex Sunrise Odisha Masters 2023 usai dihentikan rekannya sendiri, Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allesya Rose.

Di India, Febi dan Jesita juga sempat menembus babak perempat final pada kejuaraan Yonex Sunrise Guwahati Masters 2023. Sayangnya, mereka tidak dapat meneruskan pertandingan usai dihentikan oleh jagoan tuan rumah Tanisha Crasto/Ashwini Ponnappa. Di kejuaraan BNI Indonesia Masters I 2023, Febi dan Jesita juga bisa menerobos babak delapan besar sampai akhirnya dihentikan ganda Hong Kong, Chang Ching Hui/Yang Ching Tun. Satu tiket babak perempat final juga mereka dapat di kejuaraan Victor Victor Denmark Masters 2023.

Dengan bekal peringkat dunia yang ia dan Jesita miliki bukan tidak mungkin PBSI akan melirik mereka untuk berlaga di ajang yang lebih tinggi lagi pada tahun yang baru ini. (AR)