Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Bank of Ningbo Badminton Asia Championships 2024] Hanya Jojo yang ke Semifinal
12 April 2024
[Bank of Ningbo Badminton Asia Championships 2024] Hanya Jojo yang ke Semifinal
 
 

Dari empat wakil Indonesia yang berlaga pada babak perempat final, hanya Jonatan Christie saja yang bisa menembus babak semifinal. Pemain yang akrab disapa dengan Jojo ini sukses menembus babak empat besar usai menundukkan pemain asal Malaysia, Lee Zii Jia pada babak delapan besar yang dilangsungkan hari ini (12/4). Secara meyakinkan, Jojo menang dalam dua game 21-11, 21-6.

Jojo seperti melupakan kekalahan lima kali berturut-turut dari pemain Malaysia berperingkat 11 dunia. Dengan cerdik Jojo selalu menjauhkan lawan agar tidak bisa melepaskan serangan. Kejelian Jojo membuat pemain Malaysia tidak bisa mengembangkan permainan. Di dua game yang dimainkan, pemain nomor satu Malaysia ini juga sering membuat kesalahan sendiri yang tentunya menguntungkan Jojo.

“Puji Tuhan, saya bisa meraih kemenangan atas Lee Zii Jia. Ini bukan pertandingan yang mudah. Seperti yang saya sampaikan kemarin, saya kalah dalam lima pertemuan terakhir dengan skor yang jauh. Namun saya juga telah belajar dari kekalahan itu,” ujarnya kepada tim humas dan Media PP PBSI.

“Penerapan strategi saya berjalan baik dan tepat. Saya pun bisa bermain lebih tenang. Sementara Lee Zii Jia sendiri terlihat beberapa kali kurang tenang dan akhirnya membuat kesalahan sendiri. Saya tidak mau buru-buru untuk segera mematikan,” sambungnya.

Bekal kemenangan dari pemain Malaysia membuat Jojo melenggang ke babak semifinal yang akan dilangsungkan besok (13/4). Jojo akan bertemu dengan pemain tuan rumah China, Shi Yu Qi. Pemain China yang berada pada peringkat dua dunia ini merupakan salah satu musuh bebuyutan Jojo. Sudah tiga belas kali kedua pemain ini saling bertemu. Data statistik masih mengunggulkan Jojo. Jojo sudah mengemas tujuh kemenangan berbanding enam kekalahan. Pada pertemuan terakhir di kejuaraan All England 2024, Jojo menang dari pemain nomor satu China. Hanya saja kemenangan tersebut didapat Jojo karena lawan mengundurkan diri pada game kedua.

Lawan Shi Yu Qi di semifinal besok pasti tidak akan gampang. Bermain di kandangnya yang didukung penonton yang banyak, pasti membuat pertandingan akan berjalan tidak mudah. Saya berharap besok bisa tampil terbaik, sekaligus ingin mempertunjukkan yang terbaik kepada penonton,” lanjutnya.

Sementara itu tunggal putra Indonesia lainnya, Anthony Sinisuka Ginting harus menelan pil pahit usai ditundukkan pemain tuan rumah China, Li Shi Feng dengan 9-21, 10-21. Gregoria Mariska Tunjung juga dihentikan pemain China, Chen Yu Fei dengan 16-21, 19-21. Pasangan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto pun dikalahkan ganda putra China, Liang Wei Keng/Wang Chang melalui pertandingan rubber game 19-21, 21-12, 17-21. (AR)