Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Piala Thomas & Uber 2024] China Pesaing Kuat Indonesia
26 April 2024
[Piala Thomas & Uber 2024] China Pesaing Kuat Indonesia
 
 

Di antara negara-negara yang lolos ke putaran final Piala Thomas & Uber 2024, sepertinya tim China akan menjadi pesaing kuat bagi tim Indonesia di samping negara lain. Pada daftar pemain yang sudah didaftarkan oleh tim China, bertabur pemain bintang papan atas dunia.

Sektor tunggal putra China diisi oleh dua pemain yang masuk dalam jajaran sepuluh besar dunia. Shi Yu Qi, Li Shi Feng, dua andalan China ini berada pada peringkat dua dan enam. Dua pemain inilah yang akan menjadi calon lawan bagi Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie. Di bawahnya masih ada pemain putra bertangan kidal Weng Hong Yang serta Lu Guang Zhu. Lawan yang mungkin akan dihadapi oleh Chico Aura Dwi Wardoyo atau Alwi Farhan.

Kekuatan ganda putra China juga begitu merata. Ada Liang Wei Keng/Wang Chang, Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi, dan He Hi Ting/ren Xiang Yu. Liang/Wang yang menjadi ganda nomor satu China, masih menjadi mimpi yang menakutkan bagi ganda Indonesia. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menelan kekalahan tiga kali berturut-turut. Bagas Maulana/Muhammad Shihibul Fikri yang menjadi ganda kedua Indonesia selalu kalah di dua pertemuan terakhir. Dengan pasangan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin pun Liang/Wang menang dua kali berturut-turut.

Rekor memang kalah Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi dengan para ganda putra Indonesia juga masih masih dipegang ganda China. Satu kali pertemuan dengan Leo/Daniel, dimenangkan oleh ganda China. Bagas/Fikri juga kalah dalam head to head. Dari tiga kali pertemuan, ganda China unggul 2-1. Fajar/Rian juga masih kalah dalam rekor pertemuan. Lima kali bertemu, Fajar/Rian baru mengemas dua kemenangan berbanding dua kekalahan.

Pasangan He Ji Ting/Ren Xiang Yu harus diwaspadai. Mereka tengah menunjukkan tren peningkatan prestasi di tahun ini. Tercatat mereka bisa menyabet gelar juara pada kejuaraan Princess Sirivannavari Thailand masters 2024. Mereka juga bisa runner up pada kejuaraan Yonex German Open 2024. Dua kali He/Ren menebobos babak perempat final pada kejuaraan petronas Malaysia Open 2024 dan All England 2024. Hanya dengan Leo/Daniel mereka unggul dalam rekor pertemuan. He/Ren menang pada satu-satunya pertemuan yang sudah dilakukan. Fajar/Rian belum pernah bertemu dengan He/Ren. Hanya Bagas/Fikri yang unggul dalam dari He/Ren. Sejauh ini Bagas/Fikri menang dalam head to head dengan 2-1. (AR)