Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Toyota Thailand Open 2024] Analisa Pelatih, Ana/Tiwi Belum Konsisten
19 Mei 2024
[Toyota Thailand Open 2024] Analisa Pelatih, Ana/Tiwi Belum Konsisten
 
 

Layaknya sebuah pertandingan, para pemain dan pelatih tentunya sudah menyiapkan strategi apa yang akan digunakan saat bertanding di karpet hijau. Diskusi serta menyaksikan video rekaman juga menjadi sarapan bagi mereka. Hal ini juga sudah dilakukan oleh pasangan ganda putri Indonesia, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi serta asisten pelatih ganda putri Prasetyo Restu Basuki untuk menghadapi babak final pada kejuaraan Toyota Thailand Open 2024, untuk bertemu ganda tuan rumah Thailand, Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai.

“Untuk menghadapi partai final Thailand Open ini kami sudah mempersiapkan dan juga diskusi harus bermain apa. Strategi apa untuk menghadapi ganda Thailand itu juga sudah dipersiapkan. Video rekaman pertandingan lawan juga sudah kita lihat,” ujar Prasetyo yang mendampingi selama pertandingan kepada tim Humas dan Media PP PBSI.

Sayangnya, strategi yang sudah disiapkan tidak berjalan dengan mulus. Dalam babak final yang dimainkan hari ini (19/5), penampilan Ana/Tiwi tidak lepas dan tidak bisa bermain dengan tenang. Variasi pukulan seperti yang ditampilkan pada babak semifinal tidak berjalan. Mereka pun harus mengakui ketangguhan ganda Thailand dengan, 14-21, 14-21.

“Harus diakui, penampilan Ana/Tiwi hari ini tidak seperti kemarin di semifinal. Saat lawan ganda Jepang, keduanya bisa bermain lebih lepas. Bisa enjoy. Banyak variasinya dan bermain sabar. Namun hal ini bisa terjadi karena kualitas lawan hari ini berbeda dengan yang dihadapi kemarin. Hari ini kemampuan lawan memang lebih baik. Serangan-serangannya juga lebih tajam,” tambah Prasetyo menganalisa kekalahan anak didiknya.

Tadi Ana/Tiwi dalam permainan sempat unggul. Tetapi saat lawan bisa membalikkan keadaan, sebenarnya yang sangat dibutuhkan saat itu adalah ketenangan. Tetapi saat terkejar, Ana/Tiwi malah belum bisa bermain tenang,” sambung Prasetyo.

Lepas dari Thailand, Ana/Tiwi akan langsung terbang ke Malaysia untuk mengikuti kejuaraan Perodua Malaysia Masters 2024 yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia.

Untuk selanjutnya Ana/Tiwi akan tampil ke Malaysia Masters. Kami bersyukur tampil di Thailand Open bisa melaju ke final dan tanpa cedera. Semoga mereka mampu mempertahankan performanya dan memenuhi target yang mereka harapkan,” pungkas Prasetyo. (AR)