Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Perodua Malaysia Masters 2024] Rinov/Phita Melesat Ke Final
25 Mei 2024
[Perodua Malaysia Masters 2024] Rinov/Phita Melesat Ke Final
 
 

Pasangan ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Phita Haningtyas Mentari berhasil melesat ke babak final pada kejuaraan bulutangkis Perodua Malaysia Masters 2024. Rinov/Phita yang hanya duduk sebagai unggulan ketiga menembus babak final dengan membungkam pasangan dari Denmark, Mathias Christiansen/Alexandra Boje yang merupakan unggulan kedua pada babak semifinal. Butuh tiga game bagi Rinov/Phita untuk mengalahkan lawannya. Dalam waktu 75 menit, Rinov/Phita menang 26-24, 14-21, 21-18.

Usai menang di game pertama, Rinov mengaku terlalu bermain berhati-hati dan berakibat sering membuat kesalahan sendiri. Di game ketiga justru lawan yang banyak membuat kesalahan sendiri. Jelas ini menguntungkan Rinov/Phita saat pertandingan semifinal yang dimainkan hari ini (25/4).

“Bersyukur bisa menang dan ke final. Ini final kedua kami di Malaysia. Dengan kemenangan ini, kami sebenarnya tidak mau puas sampai di sini saja. Kami ingin tampil lebih bagus lagi di final besok,”ujar Rinov seperti yang disampaikan kepada tim Humas dan Media PP PBSI.

“Tadi di game kedua saat unggul 7-2 ada perubahan pola dari lawan. Sedangkan kami menjadi bermain sangat hati-hati. Buangan bolanya begitu banyak kesalahan dan mati sendiri. Jadinya kami kekejar dan panik sendiri,” tambah Rinov.

Di game ketiga kami dari ketinggalan dan bisa bangkit. Mungkin hal yang sama dirasakan lawan seperti yang kami rasakan di game kedua. Dan itu hal yang wajar di dunia bulutangkis karena tidak semua pemain bisa bermain tenang. Sebagai atlet tugas kami adalah belajar agar bisa bermain tenang. Dan itu bisa didapat lewat latihan dan pertandingan,” sambung Rinov.

“Bicara soal pertandingan tadi, saya bersyukur bisa menang. Apresiasi buat Rinov karena di game ketiga yang main lebih banyak itu Rinov. Sementara saya cuma ngumpet di depan,” ungkap Phita.

“Jujur secara keseluruhan permainan saya tidak puas dengan performa hari ini. Bersyukur hari ini Rinov bisa bermain sangat baik untuk men-cover saya. Apalagi di gim ketiga dari mindset dan strategi betul-betul bisa mengaplikasikan dan bisa menutupi semua kekurangan saya,” tutur Phita.

Menghadapi babak final yang akan dimainkan besok (26/4) akanmenjadi laga berat bagi Rinov/Phita. Selain akan menghadapi ganda Malaysia Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie, mereka juga harus siap dengan para penontonyang jelas akan mendukung wakilnya di babak puncak. Data statistik masih menunjukkan jika ganda Malaysia masih unggul dalam rekor pertemuan dengan bekal lima kali kemenangan. Sementara Rinov/Phita baru mengemas satu kali kemenangan.

Besok di final lawan wakil tuan rumah kami akan mempersiapkan kondisi dulu. Apalagi sudah dua minggu bertanding yang membuat fisik kami sedikit menurun. Tetapi kami akan mencoba pemulihan secepat mungkin,” tutur Phita.

“Untuk soal dukungan suporter tuan rumah, ini tak beda dengan penonton di Indonesia Open. Cuma hal itu akan kami jadikan motivasi saja. Kami mau memaksimalkan motivasi saja,” pungkas Phita. (AR)