Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Li-Ning Hong Kong Open 2024] Daniel/Fikri Bungkam Juara Japan Open 2024
12 September 2024
[Li-Ning Hong Kong Open 2024] Daniel/Fikri Bungkam Juara Japan Open 2024
 
 

Kejutan terjadi dari sektor ganda putra pada kejuaraan bulutangkis Li-Ning Hong Kong Open 2024. Pasangan ganda putra asal Malaysia Goh Sze Fei/Nur Izzuddin yang merupakan juara Daihatsu Japan Open 2024 langsung tumbang di babak kedua. Adalah ganda ramuan baru asal Indonesia, Daniel Marthin/Muhammad Shohibul Fikri yang menjadi penakluk ganda Malaysia yang ada di peringkat 12 dunia. Pada babak kedua yang dimainkan hari ini (12/9) Daniel/Fikri menang rubber game 16-21, 21-19, 21-13.

Di gim pertama ganda Indonesia masih terlambat panas. Penampilan Daniel maupun Fikri belum menunjukkan performa terbaiknya. Di tambah lagi pada gim ini ganda Indonesia banyak membuat kesalahan sendiri yang tentunya menguntungkan untuk lawan.

“Di gim pertama start kami kurang bagus, langsung tertinggal 5-0 membuat cukup berat untuk mengejar. Banyak mati sendiri sementara lawan bisa bermain lebih tenang dan lebih rapi,” ujar Fikri mengomentari jalannya pertandingan kepada tim Humas dan Media PP PBSI.

“Hari ini Goh bisa memegang kendali permainan depan, saya tertinggal terus akhirnya banyak mengangkat bola yang langsung dimanfaatkan Izzuddin dengan smes kerasnya. Itu kekuatan mereka tapi di setengah pertandingan terakhir kami bisa meredamnya. Selain itu, di gim ketiga kami lebih unggul dari sisi fokusnya,” lanjut Fikri.

Titik balik Daniel/Fikri terjadi pada game kedua. Pola permainan yang diterapkan rupanya bisa membuat ganda Malaysia kehilangan fokus. Di game ketiga, ganda Indonesia semakin bisa mengontrol permainan hingga bisa mengambil kemenangan.

“Di gim kedua kami coba lebih berani menerapkan strategi yang dipersiapkan. Di akhir saat poinnya ketat, kami berhasil keluar dari tekanan. Itu membuat gim ketiga kami lebih percaya diri, sementara lawan balik tertekan,” tutur Daniel.

Lolosnya Daniel/Fikri ke babak perempat final rupanya sudah ditunggu oleh ganda asal Korea Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae. Besok (13/9) menjadi pertemuan kedua dari kedua pasangan ini. Pertemuan pertama terjadi pada kejuaraan Daihatsu Japan Open 2024. Masa itu Daniel/Fikri kalah rubber game di babak semifinal. (AR)