Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [PJR Junior International Challenge 2022] Indonesia Juara Umum, PB Djarum Sumbang 4 Gelar
06 November 2022
[PJR Junior International Challenge 2022] Indonesia Juara Umum, PB Djarum Sumbang 4 Gelar
 
 

Indonesia berhasil keluar sebagai juara umum pada Pembangunan Jaya Raya (PJR) Junior International Challenge 2022, Minggu (6/11). Dari 14 nomor yang dipertandingkan, pemain muda Indonesia berhasil mengantongi 11 gelar juara. Empat di antaranya disumbangkan oleh wakil PB Djarum.

Gelar pertama yang disumbang PB Djarum datang dari wakil ganda campuran U-19, Verrell Yustin Mulia/Priskila Venus Elsadai. Pasangan unggulan satu ini sukses menduduki podium juara setelah mengalahkan wakil Indonesia lainnya, asal PB Jaya Raya, Jonathan Farrell Gosal/Ariella Naqiyyah. Verrell/Priskila menang dengan skor 21-11, 21-19 dalam 32 menit.

Bagi Verrell/Priskila, gelar ini menjadi yang keempat buat mereka di tahun 2022. Sebelumnya mereka juga menjadi juara di ajang Piala Walikota Solo, Sirkuit Nasional A DKI Jakarta, dan Sirkuit Nasional A Jawa Tengah.

Menyusul Verrell/Priskila, ganda putra U-15 asal PB Djarum, Muhammad Rizki Mubarrok/Raihan Daffa Edsel Pramono juga sukses menjadi juara pada turnamen yang berlangsung di GOR Jaya Raya Bintaro, Tangerang Selatan ini. Mereka mengalahkan rekannya sesama PB Djarum, Nazwan Abdillah/Yudha Rendra Wijaya dengan skor 21-15, 18-21, 21-17.

Selanjutnya, tunggal putra U-17 andalan PB Djarum Mohammad Zaki Ubaidillah juga sukses meraih prestasi tertinggi di PJR Junior International Challenge 2022 ini. Zaki menjadi juara setelah menang 21-17, 21-19 dari wakil Indonesia besutan PB Jaya Raya, Ryan Putra Widiyanto.

“Dari segi hasil khusus untuk tunggal putra, di U-17 kami juara dan U-15 serta U-19 runner up, bisa dibilang cukup puas. Namun selain itu, ada atlet yang lain sebenarnya kami harapkan untuk bisa lebih banyak berbicara di lapangan. Tapi ternyata kurang memuaskan, mulai dari teknik serta ketidakmampuan dia untuk memanfaatkan kesempatan,” kata pelatih tunggal putra PB Djarum, Imam Tohari.

“Sebagai contoh, saat latihan mereka disiapkan untuk teknik yang bagus, tapi ketika pertandingan mereka tidak berani mencoba, tidak berani mengeluarkan. Lalu begitu ada kesempatan, beberapa kali tidak bisa dipergunakan,” ungkap Imam.

Gelar terakhir PB Djarum di turnamen ini direbut pasangan ganda putri U-19, Velisha Christina/Puspa Rosalia Damayanti. Pasangan yang baru berduet dua bulan lalu itu memastikan gelar pertamanya, dengan mengalahkan Ariella Naqiyyah/Rachel Agnesia Sabatani, pemain Indonesia asal PB Jaya Raya. Velisha/Puspa berhasil menang dalam pertandingan dua game langsung dengan skor 21-19, 21-18.

Selain PB Djarum, gelar untuk Indonesia disumbangkan oleh PB Jaya Raya (5 gelar) dan Exist Badminton Club (2 gelar). Sementara tiga gelar lainnya diamankan oleh wakil Malaysia, Thailand, serta Taiwan.

Hasil lengkap turnamen PJR Junior International Challenge 2022 dapat dilihat di sini. (NAF)