Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN NASIONAL > [Kejurnas PBSI 2016] Taklukan Unggulan Pertama, Ribka/Febriana Juara
10 Desember 2016
[Kejurnas PBSI 2016] Taklukan Unggulan Pertama, Ribka/Febriana Juara
 
 

Kejutan terjadi di nomor ganda taruna putri Kejuaraan Nasional (Kejurnas) PBSI 2016. Di nomor perorangan taruna, PB Djarum sukses mempertahankan tradisi juara di sektor ganda putri yang mulai dimenangkan tahun 2011 silam.

Di final yang digelar pada Sabtu (10/12) siang, Ribka Sugiarto/Febriana Dwipuji Kusuma sukses menghentikan wakil DKI Jakarta, Apriani Rahayu/Jauza Fadhila Sugiarto dalam drama tiga game di GOR Sritex Arena, Solo.

Sempat ungguln diawal game pembuka, Ribka/Febriana justru kehilangan game kedua ini dengan 21-17. Di game kedua, mereka sukses mendominasi laga dan menang 21-17. Laga menegangkan pun terjadi di game ketiga.

Ribka/Febriana sukses unggul 11-7 di interval, mereka pun berhasil terus memipin hingga kedudukan 18-14. Sayang, kesalahan demi kesalahan dan tak bisa lepas dari tekanan membuat mereka kehilangan lima angka beruntun dan balik tertinggal 18-19. Tetapi sepertinya dewi fortuna memang lebih berpihak pada unggulan dua ini, Ribka/Febriana berhasil meraih tiga angka yang mereka perlukan dimana dua diantaranya merupakan hasil dari unforced error yang dilakukan oleh Apriani/Jauza, 21-19.

“Sebenarnya saya tidak menyangka bisa sejauh ini, jangankan untuk juara, untuk final saja saya sudah tidak menyangka. Dan yang pasti saya bersyukur atas kemenangan ini,” ujar Febriana usai laga.

“Di game pertama saat memimpin itu justru kami malah buru-buru. Di game kedua kami berhasil lebih sabar dan terus menjaga fokus. Nah sementara saat unggul di game ketiga itu, kami lagi-lagi ingin cepat poin jadinya malah mati sendiri,” lanjutnya.

Hal serupa pun diungkapkan oleh Ribka yang merupakan lulusan Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis tahun 2013. “Di pertandingan tadi memang sempat beberapa kali kami kurang tenang, kami berusaha untuk memainkan bola-bola placing ataupun silang, karena kalau adu drive kami pasti kalah, Apriani/Jauza jauh lebih matang kalau bermain begitu,” tambah Ribka.

Ini menjadi gelar kedua yang berhasil diraih oleh kubu Jawa Tengah. Sementara gelar ketiga sukses disumbangkan oleh Bagas Maulana/Calvin Kristanto yang menang 21-16 dan 21-9 atas juniornya di PB Djarum, Pramudya Kusumawardana/Rehan Naufal Kusharjanto. (RI)