Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN NASIONAL > [Kejurnas PBSI 2018] Fung : Kami Sudah Terapkan Komposisi Terbaik
21 Desember 2018
[Kejurnas PBSI 2018] Fung : Kami Sudah Terapkan Komposisi Terbaik
 
 

Hasil kurang menggembirakan harus diterima oleh tim beregu PB Djarum Kudus, di ajang Kejuaraan Nasional (Kejurnas) PBSI 2018. Pasalnya, sang juara bertahan itu secara tak disangka harus menghentikan perjuangannya usai kalah 1-3 dari PB Mutiara Cardinal Bandung di laga semifinal yang baru saja berakhir sore tadi, Jumat (21/12) di Britama Arena, Mahaka Square Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Kemenangan PB Mutiara Cardinal Bandung ditentukan oleh pasangan ganda putri Yulfira Barkah/Maretha Dea Giovani yang mengalahkan Debby Susanto/Rosyita Eka Putri Sari, dengan skor 21-15, 21-16.

Pasangan ganda putra Hardianto/Reinard Dhanriano membuka kemenangan tim Mutiara Cardinal Bandung dengan mengalahkan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Berry Angriawan di partai pertama dengan skor 24-22, 25-23. Gregoria Mariska Tunjung menambah keunggulan tim Mutiara dengan mengalahkan Dinar Dyah Ayustine, 21-16, 20-22, 21-12.

PB Djarum sempat memperpanjang permainan dengan kemenangan Ihsan Maulana Mustofa atas Panji Ahmad Maulana, dalam dua game langsung, 21-17, 21-13. Meski begitu, Fung Permadi, Manajer Tim PB Djarum mengatakan jika di pertandingan tadi PB Djarum sudah menerapkan komposisi terbaiknya.

Baca juga : [Turkey International 2018] Ikhsan Rebut Gelar Juara

"Saya ucapkan selamat kepada tim Mutiara, atlet-atlet mereka hari ini tampil luar biasa. Kami sudah tempatkan komposisi terbaik dari yang ada. Kekalahan hari ini diawali dari partai pertama, hasilnya tidak sesuai apa yang diharapkan dan ini mempengaruhi partai selanjutnya," papar Fung.

"Kami sudah perkirakan akan sengit bertemu tim Mutiara, mereka kuat di sektor ganda. Sebetulnya kami optimis karena ada Kevin, harapan kami memang besar di ganda putra. Kevin baru menyelesaikan rangkaian turnamen internasional, mungkin secara fokus dan konsentrasi dia lelah," jelas Fung.

"Ke depannya, kami akan mengadakan evaluasi lagi akan hasil ini, akan ada pengembangan dari motivasi dan daya juang, serta ketangguhan dalam menghadapi suatu keadaan yang tidak mengenakkan seperti contohnya yang tidak bisa dijadikan alasan, kondisi angin," ujar Fung.

Fung juga menuturkan bahwa keputusan menurunkan Debby/Rosyita yang bukan pasangan tetap, didasari oleh pertimbangan bahwa Debby adalah pemain yang lebih berpengalaman dibanding para ganda putri muda yang ada di skuat PB Djarum.

"Menurunkan pemain lain yang notabene masih junior, terlalu riskan. Yang terjadi tadi adalah Debby ditarik ke belakang, membuat Debby berada dalam tekanan dan dia akhirnya melakukan kesalahan sendiri," ungkap Fung.

Dengan demikian PB Mutiara sendiri berhak melaju ke final dan akan menghadapi unggulan pertama, Jaya Raya Jakarta yang memastikan diri ke final usai menang 3-2 atas PB Exist Jakarta. (arh)

Baca juga : [Kejurnas PBSI 2018] Debby/Rosyita Kalah, PB Djarum Terhenti di Semifinal