Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN NASIONAL > Jateng Pasang Target Juara Umum Kejurnas
14 Januari 2010
Jateng Pasang Target Juara Umum Kejurnas
 
 

SEMARANG, Kompas.com - Jawa Tengah pasang target menjadi juara umum kejuaraan nasional (kejurnas) bulutangkis yang akan berlangsung di Surabaya, 26-30 Januari 2010.

Ketua Umum Pengprov PBSI Jawa Tengah HM Anwari di Semarang, Rabu (13/1/10), mengatakan, peluang untuk menggapai gelar juara umum terbuka lebar. Pasalnya, Jateng yang mengandalkan pebulu tangkis PB Djarum Kudus memiliki keunggulan di berbagai nomor.

Ia menyebutkan, untuk kelompok dewasa peluang meraih gelar ada pada nomor tunggal putri (Maria Kristin Yulianti), ganda putra (pasangan Rian Sukmawan/Yonathan Suryatama), dan ganda putri (pasangan Shendy Puspa/Meiliana Jauhari).

"Mereka memang pebulu tangkis pelatnas tetapi saat tampil di kejurnas sudah membawa bendera Jawa Tengah seperti Sony Dwi Kuncoro atas nama Jawa Timur dan lain sebagainya," katanya.

Kalau untuk tunggal putra, kata dia, peluang tetap ada tetapi cukup berat karena Nugroho Andi Saputro (pelatnas), Andre Kurniawan, Hayom Rumbaka, dan Adityawarman akan bertemu Sony Dwi Kuncoro (Jatim), Taufik Hidayat (Jabar), Simon Santoso (Jakarta).

"Saya kira peluang untuk menjadi yang terbaik tetap ada tetapi tidak sebesar nomor yang lain," katanya.

Kalau untuk ganda campuran, peluang juara juga besar karena di sini mereka mengandalkan pasangan Fran Kurniawan/Meiliana Jauhari. Apalagi, pasangan terbaik Indonesia Nova Widianto/Liliyana Natsir tidak bisa turun atas nama satu daerah.

Kemudian untuk kelompok junior, kata dia, peluang untuk meraih juara ada pada nomor tunggal putri (bisa Febby Angguni atau Ana Rovita), tunggal putra (Riyanto), dan ganda putra (pasangan Didit/Seiko).

Kejurnas di Surabaya mendatang yang sempat mundur (semula digelar 1-5 Desember 2009 tetapi mundur menjadi 26-30 Januari 2010) akan memainkan kelompok perorangan baik dewasa maupun junior.

Jawa Tengah bersama Jawa Timur dan DKI Jakarta mendapat kuota untuk menerjunkan 40 atlet yang terdiri dari 20 pebulu tangkis kelompok dewasa dan 20 atlet junior atau taruna.