Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN NASIONAL > Mengintip Suksesnya Tim Tunggal Putri PB Djarum di Seleknas PBSI 2022
17 Januari 2022
Mengintip Suksesnya Tim Tunggal Putri PB Djarum di Seleknas PBSI 2022
 
 

Rangkaian Seleksi Nasional (Seleknas) PBSI 2022 telah usai digelar pada Sabtu (15/1), di Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta Timur. Dari 10 gelar yang diperebutkan, tim Jawa Tengah (Jateng) yang seluruhnya diperkuat oleh atlet-atlet asuhan PB Djarum, berhasil menjadi juara umum, dengan total raihan 4 gelar juara dan 4 runner up.

Dari kelompok taruna atau U-19, sektor tunggal putri PB Djarum bisa dibilang paling sukses di Seleknas kali ini. Di bawah asuhan Lukman Hakim, Engga Setiawan, dan Maria Elfira, 2 wakil di antaranya berhasil menciptakan All Jateng Final, yakni Mutiara Ayu Pusputasari kontra Aurelia Salsabila, yang dimenangkan oleh Mutiara dengan 21-15, 21-19.

Baca juga : [Seleknas PBSI 2022] Inilah Daftar Juara Seleknas 2022, Jawa Tengah Juara Umum

Sesuai dengan target saya dan anak-anak. Kita menargetkan all final, dan alhamdulillah bisa terwujud. Ini semua berkat kerja keras anak-anak dengan persiapan yang keras selama ini. Dari segi mental dan fisik anak-anak sudah siap untuk bertanding di Seleknas ini,” ungkap Lukman Hakim.

Tak hanya itu, Lukman memaparkan jika ada cara khusus yang ia ajarkan kepada anak asuhnya hingga mampu meraih sukses di ajang turnamen nasional paling bergengsi tahun ini.

Work hard and smart (kerja keras dan pintar). Alhamdulillah dengan pembentukan karakter yang saya bentuk ke anak-anak akhirnya mereka siap dalam menghadapi tekanan di Seleknas ini. Karena sudah kebiasaan dari setiap harinya anak-anak sudah kebentuk dari segi mental dan fisiknya,” papar Lukman.

Sementara itu, Lukman juga mengomentari dua anak asuh lainnya yang turun di Seleknas kali ini yang sama-sama terhenti di perempat final. Yaitu Chiara Marvella Handoyo yang menyerah di tangan Aurelia, dan Aura Ihza Aulia yang kalah dari Deswanti Hujansih Nurtertiati (DKI Jakarta).

Kalau Chiara kan ketemu teman sendiri di 8 besar, dan Chiara retired karena keram, dan menurut saya penampilan Chiara sudah cukup bagus. Untuk Aura harus lebih ditingkatkan lagi kualitas pukulannya, karena musuh dapat poinnya dari dia hasil dari melakukan kesalahan sendiri, bukan dibunuh lawannya. Tetapi secara keseluruhan penampilan anak-anak cukup bagus,” jelas Lukman.

Dengan hasil ini, Lukman pun tidak puas sampai di sini saja. Ia dan teman-teman pelatih tunggal putri lainnya akan kembali mempersiapkan amunisi tunggal putri handal asal PB Djarum.

Kita akan persiapkan lagi untuk menciptakan atlet-atlet handal dari PB Djarum dengan cara karakter anak-anak harus dibentuk dulu karena biasanya tunggal puteri itu manja. Lalu pola pikir anak-anak harus kita arahkan terus. Kemudian harus tahu cara bermain. Serta tanamkan sikap disiplin, totalitas, menjiwai, dan punya karakter,” beber Lukman.

Dan satu lagi tidak boleh pacaran. Kalau berteman dengan siapa saja saya bebaskan. Saya bilang ke anak didik tidak boleh pacaran,” tegas Lukman. (AH)

Baca juga : [Seleknas PBSI 2022] 12 Atlet PB Djarum Lolos ke Final