Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN NASIONAL > Turnamen Bulutangkis Piala Presiden 2022 Siap Digelar di Jakarta
25 Juli 2022
Turnamen Bulutangkis Piala Presiden 2022 Siap Digelar di Jakarta
 
 

Turnamen bulutangkis Piala Presiden 2022 siap digelar di GOR Nanggala Cijantung, Jakarta Timur. Ajang yang memperebutkan total hadiah sebesar Rp1 miliar ini, akan berlangsung pada 1-6 Agustus mendatang. Piala Presiden ini menjadi perhelatan pertama sejak PBSI berdiri pada tahun 1951 di Bandung, Jawa Barat.

Ketua Umum PP PBSI, Agung Firman Sampurna mengatakan ajang ini diselenggarakan bertujuan untuk menjaring bibit-bibit terbaik masa depan bulutangkis Indonesia. Langkah ini sebagai estafet regenerasi untuk menjaga prestasi dan supremasi bulutangkis Indonesia di pentas dunia. Selain itu, kejuaraan ini sekaligus untuk memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kami haturkan kepada Bapak Presiden Jokowi. Juga kepada PT Adaro Energy Indonesia, Tbk., sebagai sponsor tunggal Piala Presiden 2022. Juga kepada semua pihak yang sudah mendukung terlaksananya kejuaraan ini," kata Agung dalam rilis PBSI.

Turnamen ini  akan mempertandingkan 11 nomor, yaitu tunggal putra-putri kelompok umur anak-anak (U-13), tunggal dan ganda putra-putri kelompok pemula (U-15), serta tunggal dan ganda putra-putri, dan ganda campuran kelompok remaja (U-17).

Dalam kejuaraan ini, para pemain akan berlaga dengan membela provinsinya masing-masing. Daerah dengan jumlah raihan medali emas terbanyak, akan berhak atas trofi bergilir Piala Presiden.

Wakil Ketua Panitia Pelaksana Piala Presiden, Edi Sukarno, mengatakan berdasarkan pendaftaran yang sudah ditutup tanggal 19 Juli lalu, ada total 620 atlet dari 30 provinsi seluruh Indonesia yang sudah mendaftar. Provinsi yang tidak mengirimkan atletnya adalah Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara, dan Papua Barat.

"GOR Nanggala akan kami sulap menjadi arena pertandingan bulutangkis dengan total enam lapangan. Kami juga akan membuka tenant-tenant UMKM di pelataran parkir GOR Nanggala sebagai bentuk dukungan ekonomi kerakyatan," kata Edi.

"Kami juga mewajibkan vaksin booster atau minimal vaksin kedua (untuk usia tertentu) kepada semua pihak yang terlibat di Piala Presiden 2022, termasuk media. Sementara bagi masyarakat yang akan menonton, langsung bisa datang ke arena secara gratis," papar Edi. (NAF)