Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN NASIONAL > [Polytron Walikota Cup Solo 2023] Fathir, Dari Papua Ingin Taklukkan Dunia
05 Juni 2023
[Polytron Walikota Cup Solo 2023] Fathir, Dari Papua Ingin Taklukkan Dunia
 
 

Polytron Walikota Cup Solo 2023, menjadi salah satu ajang adu kemampuan bagi para atlet bulu tangkis dari berbagai penjuru tanah air, termasuk bagi Mumhammad Fathir Assagaf As, pemain kelahiran Serui, Yapen Selatan, Papua 16 Juni 2014. Senin (5/6) hari ini, Fathir mengawali debutnya dengan berlaga di kategori tunggal U11 putra.

Pada laga babak pertama pagi ini, Fathir yang membela klub Mandala Badminton Club Jayapura, sukses memestikan diri melaju ke babak kedua setelah mengalahkan Haydhar Al Zakhiri (Jaya Raya Solo) dengan 21-19, 21-12.

Senang sekali bisa menang di pertandingan pertama. Dan saya juga senang bisa main di turnamen nasional, ini pengalaman pertama saya,” tutur Fathir yang mengaku mengidolakan Anthony Sinisuka Ginting.

Fathir sendiri terhitung baru sekitar 3 tahun menekuni olahraga bulu tangkis. Dengan tekad yang kuat, di usianya yang masih belia ini Fathir sangat berani memutuskan untuk hijrah ke Solo, Jawa Tengah. Hal itu dilakukan karena sejak awal tahun 2023 ini, Mandala Badminton Club sendiri memiliki pemusatan latihan di kota tersebut.

Sekitar 3 tahun saya baru mulai latihan. Dan sejak awal tahun ini saya pindah ke Solo untuk latihan di sini. Saya akan giat berlatih agar bisa menjadi pemain bulu tangkis handal dan membanggakan,” papar Fathir.

Sementara itu, atlet kelahiran Papua yang membela Mandala Badminton Club di turnamen kali ini berjumlah 12 atlet. Diakui Fani Nur, salah satu pelatih yang mendampingi anak asuhnya, jika mereka semua mempunyai mental dan daya juang yang sangat kuat di lapangan.

Ada 12 atlet asal Papua yang sekarang latihan di Solo dan ikut turnamen ini. Saya kira anak-anak ini mempunyai mental yang sangat kuat. Terlihat meskipun jauh dari orangtua tetapi mereka cuek saja tidak ada yang nangis minta pulang. Padahal mereka kan masih belia sekali. Terus kalau masalah fisik nggak usah ditanya, mereka kuat-kuat. Di sini kami tinggal mengasah tekniknya saja, semoga ada dari mereka yang bisa menjadi pemain bulu tangkis handal masa depan,” papar Fani.

Ketika ditanya soal targetnya pada ajang Polytron Walikota Cup Solo 2023 ini, Fani berharap para anak asuhnya tak terbebani dan mampu main maksimal.

Karena baru ikut turnamen nasional, jadi targetnya nggak muluk-muluk, minimal bisa masuk 8 besar. Selain itu kami berharap mereka bisa main maksimal tanpa beban,” tutup Fani. (AH)