Wawancara
Home > Berita > WAWANCARA > Menjelang Sirnas Kalimantan (Bag. 6)
09 Februari 2010
Menjelang Sirnas Kalimantan (Bag. 6)
 
 

Ayu Wanda Tika Wulandari: "Motivasi Tersendiri Bermain di Balikpapan"

Gadis yang genap berusia 19 tahun pada 2 Februari lalu ini lahir di Samarinda dari pasangan Slamet Riyadi dan R. Dewi. Ayu Wanda Tika Wulandari mengawali karir bulutangkisnya dari sekedar mengisi waktu luang disela-sela kegiatan sekolahnya. Namun, orang tuanya melihat potensi dan keinginan lebih dari putri sulungnya itu, Slamet Riyadi akhirnya mendaftarkan Ayu di PB Sumber Mas di kota yang dijuluki Kota Tepian itu. Menempa kemampuan bulutangkisnya bersama PB Sinar Mas, Ayu akhirnya mengikuti audisi PB Djarum pada tahun 2004.

"Waktu itu yang menyarankan saya untuk ikut audisi PB Djarum pelatih saya, namanya Pak Tono Gerungan. Namun beliau sudah tiada (meninggal - red) sekarang," kenangnya. Setelah lolos audisi, Ayu resmi bergabung dan bertanding di bawah bendera PB Djarum hingga sekarang.

Dengan tinggi 171 cm, stroke yang kuat dan gaya bertarung tanpa kenal lelah, Ayu kerap merepotkan lawan-lawannya di lapangan. Tiket final dan semifinal pun kerap kali ia raih, diantaranya seperti yang ia lakukan tahun lalu, Ayu berhasil mengecap final Indocock Surabaya 2009, semifinal Sirkuit Nasional Bali 2009, dan semifinal Sirkuit Nasional Kalimantan 2009. Sementara Sirkuit Nasional Kalimantan 2010 minggu depan sendiri akan menjadi debut pertama Ayu di kelas tunggal Dewasa putri.

"Tahun ini tahun pertama saya naik kelas (dari Taruna ke Dewasa - red). Jadi saya tidak pasang target. Yang jelas saya akan bermain di rumah saya sendiri dan ini menjadi motivasi tersendiri buat saya untuk bermain sebaik mungkin dan mempersembahkan yang terbaik," ungkap si penyuka coklat ini.

Sulung dua bersaudara ini memiliki cita-cita yang hampir sama dengan para pebulutangkis muda pada umumnya, menjadi juara dunia dan berandai-andai menjadi seorang wanita karir di salah satu perusahaan besar di Indonesia atau bahkan mungkin di dunia jika tidak berkarir di bulutangkis. (IR)