Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Hadapi Dua Turnamen Beregu, Herry IP: Semua Ganda Putra Berpeluang Masuk Tim
03 September 2021
Hadapi Dua Turnamen Beregu, Herry IP: Semua Ganda Putra Berpeluang Masuk Tim
 
 

Pelatih ganda putra Pelatnas PBSI, Herry Iman Pierngadi kini tengah fokus mempersiapkan anak didiknya menuju dua turnamen beregu paling bergengsi di kancah bulutangkis dunia, Piala Sudirman dan Piala Thomas.

Piala Sudirman rencananya akan digelar di Vantaa, Finlandia pada 26 September hingga 3 Oktober. Selang satu minggu kemudian, berlanjut pada gelaran Piala Thomas & Uber pada 9-17 Oktober di Aarhus, Denmark.

Dalam rilis PBSI, Herry mengungkapkan bahwa saat ini persiapan ganda putra sudah masuk ke tahap peningkatan jelang turnamen.

"Pasca Olimpiade itu, satu minggu kemudian kita sudah kembali latihan. Fokusnya ke pemulihan. Kalau sekarang sudah masuk minggu kedua dan ketiga, sudah masuk program-program peningkatan untuk persiapan Piala Sudirman dan Piala Thomas. Karena kedua turnamen itu kan berdekatan, hanya selang satu minggu," ungkap Herry, Jumat (3/9).

"Khususnya tim Olimpiade ya, Marcus/Kevin dan Ahsan/Hendra. Kalau yang lain kan sudah sejak sebelum Olimpiade rutinitas latihan sudah dijalankan, jauh lebih lama dan mereka sudah lebih siap," lanjut Herry.

Dalam mempersiapkan tim terbaik dari sektornya, Herry mengatakan membuka peluang yang sama kepada seluruh timnya untuk bersaing.

Saat ini, Herry memiliki tujuh pasangan ganda putra yang berada dalam level yang tidak terlalu jauh. Mereka adalah Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yotje Yacob Rambitan, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri dan Sabar Karyaman Gutama/Moh. Reza Pahlevi Isfahani.

"Ganda putra ini kan setelah Olimpiade boleh dibilang agak sedikit di bawah karena kita tidak berhasil dan itu evaluasi yang baik buat saya pribadi sebagai pelatih dan juga buat pemain. Jadi ke depan, persiapannya khusus untuk Piala Thomas kita bisa lihat, negara-negara mana yang unggul," ungkap Herry.

"Saya juga membuka kesempatan untuk semua tim ganda putra untuk bergabung di Piala Thomas. Kriteria penilaiannya kan di latihan, kesiapan fisik, dan mentalnya dan termasuk di simulasi nanti. Bisa kelihatan siapa yang sudah siap dan itu yang akan terpilih," tutur Herry.

Sementara itu, PBSI memastikan akan menggelar simulasi format beregu dalam waktu dekat. Tujuannya untuk melihat kesiapan kerangka tim dan juga sebagai penilaian untuk keputusan akhir sebelum menentukan skuad di Piala Sudirman dan Piala Thomas & Uber. (NAF)