Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Rendy/Afiat Lolos dari Lubang Jarum
25 Agustus 2011
Rendy/Afiat Lolos dari Lubang Jarum
 
 

Pasangan ganda putra PB Djarum, Yohanes Rendy Sugiarto/Afiat Yuris Wirawan berhasil lolos ke babak kedua turnamen Vietnam Open Grand Prix 2011 setelah menang tipis 17-21, 21-12, dan 21-17 atas pasangan muda Singapura, Ashton Chen/Derek Wong. Tetap harus berhati-hati menghadapi lawan selanjutnya.

Menghadapi Ashton/Derek, pasangan merah-putih unggulan kedelapan tersebut bermain fokus. Rendy yang memiliki postur yang tinggi menjaga salah satu modal baginya untuk menekan lawan dan ditunjang pula smash keras dari Afiat. Tetapi Ashton/Derek juga bukan lawan mudah. Mereka adalah atlet-atlet muda yang gesit dan pantang menyerah.

Berbekal karakter tersebut, Ashton/Derek berusaha langsung menekan dengan tempo cepat sejak awal. Sempat membuat Rendy/Afiat sedikit “kaget” dan terseok-seok mengejar ketinggalannya di game pertama, di game kedua, pasangan Indonesia tersebut berhasil merebut kendali dan mematahkan strategi lawan hingga merebut game kedua 21-12. Sudah saling mengerti gaya permainan masing-masing lawan, game ketiga pun menjadi lebih seru, walaupun akhirnya kemenangan berpihak pada Rendy/Afiat yang secara pengalaman memang lebih mumpuni dibandingkan sang lawan.

Di babak 16 besar, Rendy/Afiat akan berjumpa lolosan kualifikasi asal Malaysia, Shen Low Juan/Jagdish Singh. Shen/Jagdish juga mendapat perlawanan sengit kemarin saat berhadapan dengan Manu Attri/Jishnu Sanyal asal India. Pasangan muda Malaysia tersebut akhirnya menang 21-7, 17-21, dan 21-17, dan dengan demikian membuktikan bahwa mereka lawan yang patut diperhitungkan.

Sayangnya Hafiz Faisal/Putra Eka Rhoma tidak mampu meruntuhkan ganda andalan Singapura, Danny Bawa Chrisnanta/Chayut Triyachart. Mereka kalah 14-21 dan 18-21.

Tunggal Putri Sisakan Dua
Dari empat wakil di babak utama tunggal putri, akhirnya hanya dua yang lolos ke babak selanjutnya. Mereka adalah Hera Desi Ana Rachmawati dan Aprillia Yuswandari. Hera menang mengejutkan 21-15 dan 21-2 atas unggulan ketujuh asal Bulgaria, Linda Zechiri, sedangkan April menang susah payah atas Chan Hung Yung (Hongkong) melalui tiga game, 17-21, 21-14, dan 21-13.

Di babak kedua, Hera akan bertemu tunggal andalan Singapura, Fu Mingtian yang sempat dipersulit oleh Renna Suwarno (Indonesia) kemarin sebelum akhirnya menang tipis 21-16, 9-21, dan 21-19. April sendiri akan berhadapan dengan P. V. Sindhu, juara Maldives International Challenge dan Indonesia International Challenge tahun ini.

Sejauh ini, kejutan di tunggal putri tidak hanya tentang tumbangnya Linda Zechiri (unggulan ketujuh), tetapi juga Ai Goto (unggulan keempat), Gu Juan (unggulan kelima), dan Maria Febe Kusumastuti (unggulan kedelapan). (DC)