Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Rendy/Afiat Ungguli Seniornya
20 Januari 2011
Rendy/Afiat Ungguli Seniornya
 
 

Pasangan muda ganda putra Pelatnas lulusan PB Djarum, Yohanes Rendy Sugiarto/Afiat Yuris Wirawan membuat kejutan di babak pertama Malaysia Open Super Series 2011 kemarin (19/1) dengan mengalahkan seniornya, Luluk Hadiyanto/Candra Wijaya lewat pertarungan ketat. Dua pasangan campuran lainnya juga memberikan hasil manis.

Rendy/Afiat sebenarnya adalah pasangan kualifikasi, namun ditarik masuk ke babak utama setelah Marcus Ellis/Peter Mills dari Inggris mengundurkan diri. Melawan pasangan senior tentu saja memberikan tekanan tersendiri, namun Rendy/Afiat tidak membiarkan hal tersebut menghalangi langkah mereka. Darah muda mereka bergejolak untuk terus menekan Luluk/Candra sedari awal bertanding. Hal tersebut berbuah manis dengan kemenangan 21-17 di set pertama.

Luluk/CandraNamun set kedua Luluk/Candra yang lebih berpengalaman nampaknya sudah mulai membaca permainan Rendy/Afiat dan tetap bermain tenang sembari berusaha mematahkan perlawanan Rendy/Afiat. Walaupun Rendy/Afiat sempat menyamakan kedudukan di skor penting 14-14, tetapi kemudian set tersebut terbang ke tangan Luluk/Candra, 21-16.

Pada set penentuan, Luluk/Candra sebenarnya memegang setir dengan bermain lebih agresif dan menekan. Mereka terus melaju sampai jauh di atas angin karena memimpin 17-12. Tetapi siapa sangka Rendy/Afiat belum patah arang dan tetap mengusahakan yang terbaik dengan bermain total tanpa menahan diri lagi. Dalam sekejab, tekad mereka tersebut menghasilkan tujuh angka sekaligus sampai memimpin 19-17! Luluk/Candra berusaha untuk mengejar, namun sudah terlambat. Kemenangan itu jatuh ke tangan pasangan muda berwajah manis tersebut, 21-18.

Selain Rendy/Afiat, dua pasangan ganda campuran juga membuat kejutan. Mohammad Rijal/Debby Susanto berhasil melumpuhkan Koo Kien Keat/Chin Eei Hui dengan telak, 21-8 dan 21-13, sedangkan Fran Kurniawan/Pia Zebadiah Bernadeth menang tipis 21-16, 16-21, dan 21-18 atas pasangan peringkat 16 dunia asal tuan rumah, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying.

Taufik HidayatKabar baik juga datang dari partai tunggal putra Indonesia. Simon Santoso berhasil mematahkan salah satu wakil negeri bambu, Du Pengyu, dengan kemenangan cukup telak, 19-21, 21-6, dan 21-5, sedangkan Taufik Hidayat (lagi-lagi) menang tipis atas Park Sung Hwan, 17-21, 21-9, dan 21-16.

Di babak 16 besar hari ini (20/1), tim Indonesia akan kembali bersua lawan-lawan tangguh. Simon Santoso akan bertemu Chen Jin yang belum pernah berhasil ia kalahkan, Rijal/Debby akan bersua unggulan ketiga asal China, Zhang Nan/Zhao Yunlei, sedangkan Fran/Pia bertemu unggulan ketujuh juga asal China, He Hanbin/Ma Jin.

Rendy/Afiat sendiri akan (lagi-lagi) bertemu pasangan Indonesia. Kali ini lawannya adalah Mohammad Ahsan/Bona Septano (unggulan keenam) yang mengalahkan Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa 21-19 dan 21-19 kemarin.

Daftar tanding tim Indonesia hari ini:

Tunggal putra
Simon Santoso vs Chen Jin (CHN/4)
Taufik Hidayat (2) vs Shon Wan Ho (KOR)
Alamsyah Yunus vs Boonsak Ponsana (THA/6)

Tunggal Putri
Linda Weni Fanetri vs Yip Pui Yin (HKG/7)

Ganda Putra
Yohanes Rendy Sugiarto/Afiat Yuris Wirawan vs Mohammad Ahsan/Bona Septano (6)
Alvent Yulianto Chandra/Hendra Aprida Gunawan (3) vs Ingo Kindervater/Johannes Schoettler (GER)

Ganda Putri
Komala Dewi/Andini Suci Rizky vs Wang Xiaoli/Yu Yang (CHN/6)

Ganda Campuran
Lita Nurlita/Saralee Thoungthongkam vs Du Jing/Pan Pan (CHN/5)
Muhammad Rijal/Debby Susanto vs Zhang Nan/Zhao Yunlei (CHN/3)
Fran Kurniawan/Pia Zebadiah Bernadeth vs He Hanbin/Ma Jin (CHN/7)

(DC)

Hasil Pertandingan Malaysia Open Super Series 2011