Diluar Arena
Home > Berita > Diluar Arena > [Kilas Balik 2015] Ribka Raih Tujuh Gelar dari Empat Turnamen
04 Januari 2016
[Kilas Balik 2015] Ribka Raih Tujuh Gelar dari Empat Turnamen
 
 

Atlet spesialis ganda di kelompok usia remaja, Ribka Sugiarto sepertinya sudah memberikan sinyal bahwa ia adalah lawan yang patut diwaspadai. Atlet jebolan Audisi Umum tahun 2013 ini sepanjang tahun 2015 lalu berhasil mengumpulkan tujuh gelar juara di turnamen nasional.

Gelar juara pertama berhasil ia bukukan di Djarum Sirkuit Nasional (Djarum Sirnas) Sulawesi Utara. Di turnamen yang digelar di GOR Arie Lasut, Manado, Lisa sukses mengantongi dua gelar dari nomor ganda campuran dan ganda putri. Bersama Febriana Dwipuji Kusuma, Ribka berhasil menjadi juara setelah menumbangkan Aisyah Nuraini/Angelica Wiratama dari Exist Jakarta. Mereka menjadi kampiun dengan dua game langsung 21-18 dan 21-14.

Seakan tak puas dengan satu gelar. Di Djarum Sirnas seri kedua ini, Ribka kembali naik podium tertinggi bersama Fiesal Wiranto. Di partai final, mereka menghadapi rekan satu timnya, Devand Riefky Reksadilano yang berpasangan dengan Febriana. Gelar juara mereka kukuhkan dengan kemenangan 21-17 dan 21-16.

Prestasi yang sama berhasil ia ulang di Djarum Sirnas Yogyakarta. Atlet kelahiran Karanganyar 22 Januari 2000 itu berhasil mengawinkan gelar juara. Bersama Febriana, Ribka berhasil menjadi juara usai menang 21-19 dan 24-22 atas wakil PB Djarum lainnya, Agatha Imanuela/Siti Fadia Silva Ramadhanti. Sementara di final ganda campuran, Fiesal/Ribka sukses menghentikan perlawanan Ardy Nugroho/Lisa Ayu Kusumawati. Kali  ini mereka menang dalam drama tiga game 21-12, 16-21 dan 21-18.

Dan turnamen spesial ganda yang digelar Candra Wijaya menjadi turnamen ketiga Ribka berhasil meraih dua gelar. Untuk pertama kalinya turnamen yang biasanya hanya mempertandingkan nomor ganda putra ini, mempertandingkan semua nomor ganda.

Di ganda putri, Ribka/Febriana berhasil menjadi juara setelah menghentikan Enzelica Sutanto/Noviany Thalia dari Exist Jakarta. Mereka menang dengan dua game langsung 21-14 dan 21-8. Ini menjadi gelar kedua Ribka diturnamen yang digelar pada bulan Agustus 2015 ini. Sebelumnya ia sukses menjadi juara di ganda campuran bersama Fiesal. Diunggulkan ditempat kedua, Fiesal/Ribka berhasil membungkam perlawanan Abhinaya Rakan Adira/Enzelica Sutanto dari Jaya Raya/Exist Jakarta dengan 22-20 dan 21-10.

Surabaya menjadi tempat terakhir Ribka berhasil menjadi juara di tahun 2015. Ia sebenarnya memiliki peluang untuk kembali mengawinkan gelar, sayang di nomor ganda campuran, Fiesal/Ribka dipaksa untuk mengakui keunggulan rekan satu timnya Rehan Naufal Kusharjanto/Siti Fadia Silva Ramadhanti. Unggulan teratas itu menyerah dengan 18-21 dan 19-21. Tetapi, kembali Ribka membayar kekalahannya di ganda campuran dengan gelar di ganda putri. Bersama Ribka, ia berhasil mengalahkan Aldira Rizky Putri/Fauzia Kartika Sari yang tak lain adalah ganda PB Djarum lainnya. Mereka menang dengan 21-15 dan 21-14.

Kesuksesan di kelompok usia remaja dan di turnamen nasional semoga bisa menjadi modal bagi Ribka untuk bisa meraih prestasi yang lebih tinggi di tahun 2016 ini. Selamat berlatih dan terus berprestasi, Ribka!