Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Mengenal Ukuran Lapangan Bulutangkis
01 Mei 2020
Mengenal Ukuran Lapangan Bulutangkis
 
 

Banyak diantara para pecinta bulutangkis belum memahami ukuran sesungguhnya dari lapangan Bulutangkis. Kebanyakan dari mereka hanya langsung bermain tanpa tahu berapa ukuran sebenarnya dari lapangan bulutangkis. Lapangan bulutangkis berbentuk persegi empat panjang dan terbagi menjadi dua bidang permainan. Setiap pemain menempati bagiannya masing-masing dengan net sebagai pembatas diantaranya.

Sesuai aturan resmi, ukuran panjang  keseluruhan dari lapangan badminton adalah 13,40 m, sementara lebar lapangan adalah 6,10 m. Kedua ukuran ini masih harus dibagi dua bidang permainan untuk masing-masing pemain. Setiap bidang lapangan memiliki ruang penerima servis dan juga sekaigus tempat melakukan servis. Untuk jarak garis servis depan dengan net adalah 1.98 m. Bagian servis juga dibatasi dengan garis samping lapangan seukuran 3.05 m. Ketentuan servis permainan tunggal dan ganda juga berbeda. Untuk permainan ganda, jarak servis bagian belakang dengan garis belakang adalah 0.76 m. Sementara garis samping untuk permainan tunggal dengan garis paling pinggir lapangan adalah 0.46 m. Tinggi tiang net sendiri adalah 1.55m.

Untuk meminimalisir resiko cedera, setiap lapangan bulutangkis internasional harus dilapisi dengan karpet karet. Secara umum, warna karpet lapangan bulutangkis adalah hijau. All England yang menjadi turnamen tertua di dunia menggunakan warna hijau untuk karpet lapangan. Salah satu kejuaraan yang menggunakan karpet selain warna hijau adalah World Tour Finals 2019. Kejuaraan yang diselengarakan di Guangzhou, Tiongkok menggunakan karpet berwarna merah. (AR)