Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Empat Pasang Ganda Putra di Babak Kedua
28 April 2011
Empat Pasang Ganda Putra di Babak Kedua
 
 

Pasangan Rendy Sugiarto/Afiat Yuris Wirawan berhasil melewati babak pertama India Open Super Series 2011 kemarin (27/04) dengan mulus. Hadangan pertama yang datang dari pasangan tuan rumah India Pranav Chopra/Tarun Kona bisa dilalui.

Mengawali pembukaan game pertama Rendy/Afiat sedikit tersentak. Pasangan India menggebrak dan meninggalkan pasangan Indonesia dengan 4-0. Setelah mampu beradaptasi, pasangan Indonesia segera bisa mengejar. Smes keras pasangan Indonesia yang dikeluarkan pada set pertama banyak membuahkan hasil. Angka sama 7–7 menjadi modal bagi pasangan Indonesia. Meski masih tetap tertinggal sampai interval game pertama dengan 9-11, kembali pasangan Indonesia bisa menempel dengan 12-12. Angka sama terulang sebanyak tiga kali sampai papan angka menunjukkan 15-15. Selanjutnya pasangan Indonesia melesat mendapatkan lima angka secara berurutan dan memimpin jauh di angka kritis 20-15. Setelah memberikan dua angka bagi pasangan India, pasangan Indonesia langsung menutup game pertama dengan 21-17.

Pasangan Indonesia bisa berbalik unggul di awal game kedua meski sempat bisa disamakan sebanyak tiga kali dengan posisi sama terakhir pada 7-7. Setelah jeda game kedua di ambil pasangan Indonesia dengan 11-8, posisi keunggulan pasangan Indonesia tidak berubah sampai kemenangan di rebut oleh pasangan Indonesia dengan 21-16.

Turut melangkah ke babak kedua pasangan Angga Pratama/Ryan Agung Saputra. Butuh perjuangan selama tiga set bagi pasangan Indonesia ini untuk bisa menundukkan pasangan asal Thailand Songphon Anugritayawon/Sudket Prapakamol dengan 16-21, 21-7, 21-11.

Di tunggal putra, Taufik Hidayat menjadi satu-satunya atlet yang bertahan setelah empat tunggal putra lainnya kandas di babak pertama. Taufik yang pernah kalah pada kejuaraan dunia 2007 dari Anup Sridhar, bermain dengan apik. Taufik hanya butuh dua game untuk mengalahkan pemain India berperingkat 119 dunia ini dengan 21-13, 21-5. Empat tungal putra lainnya, Simon Santoso, Sony Dwi Kuncoro, Alamsyah Yunus serta Dionysius Hayom Rumbaka tak mampu melewati hadangan babak pertama.

Perjumpaan pertama Hayom dengan Lee Hyun Il menjadi kekalahan pertamanya dari pemain Korea Selatan tersebut. Hayom menyerah dengan 16-21, 19-21. Alamsyah Yunus yang telah berjuang selama satu jam pun tak mampu mengatasi perlawanan unggulan kedelapan Hu Yun asal Hongkong. Meski bisa mengambil game pertama dengan 21-13, di dua game berikutnya Alamsyah menyerah dengan 17-21, 19-21. Sony Dwi Kuncoro dipaksa menyerah kalah dari pemain berperingkat 230 dunia asal India Sourabh Verma. Hanya dengan dua set, Sony menyerah dengan 18-21, 19-21. Simon Santoso yang bisa menembus semifinal di dua turnamen super series di awal tahun ini pun harus mengakui pemain Jepang Takuma Ueda dengan 13-21, 20-22.

Hari ketiga turnamen Yonex Sunrise India Open Super Series 2011 akan memainkan seluruh partai ganda putra. Rendy Sugiarto/Afiat Yuris Wirawan akan menantang pasangan tuan rumah India, Rupesh Kumar/ Thomas Sanave yang menjadi unggulan kedelapan. Alvent Yulianto/Hendra Aprida Gunawan akan menghadapi pasangan Malaysia Mohd Zakry Abdul Latif/Thien How Hoon. Perang saudara di babak kedua tak bisa terhindari. Dua pasang ganda putra Indonesia akan berebut tiket babak perempat final. Mohammad Ahsan/Bona Septano akan bersaing dengan Angga Pratama/Ryan Agung Saputra. Sementara itu di tunggal putra, Taufik yang harus berjuang sendiri akan menghadapi Kashyap P asal India. (AR)