Diluar Arena
Home > Berita > Diluar Arena > [Kilas Balik Piala Sudirman 2019] Indonesia Kembali Berjajar di Podium Semifinal
25 September 2021
[Kilas Balik Piala Sudirman 2019] Indonesia Kembali Berjajar di Podium Semifinal
 
 

Tim Indonesia memang belum berhasil mencapai hasil terbaik di Piala Sudirman 2019. Namun hasil ini paling tidak mampu mengobati kegagalan Indonesia di Piala Sudirman 2017. Bagaimana tidak, tahun 2017 tim merah putih bahkan tak bisa lolos dari putaran grup. Kemudian dua tahun berikutnya, mereka membalas dengan menduduki podium semifinalis.

Indonesia memulai langkahnya di penyisihan Grup 1B dengan Denmark dan Inggris. Di grup tersebut, masing-masing tim berhasil merebut satu kemenangan. Namun hasil perhitungan pertandingan akhirnya mengantarkan Indonesia dan Denmark melaju ke perempat final sebagai juara dan runner up grup.

Baca juga : [Kilas Balik Piala Sudirman 2017] Gagal Ke Perempat Final

Di babak perempat final, Indonesia menghentikan langkah Taiwan, lewat kemenangan tiga pasangan ganda, yaitu Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, dan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti. Sementara dua kekalahan harus ditelan oleh Gregoria Mariska Tunjung dan Jonatan Christie.

Menang 3-2 dari Taiwan, Indonesia melangkah mantap ke babak semifinal.

Pada pertandingan yang berlangsung di Nanning, China kali itu, Indonesia kemudian berhadapan dengan Jepang di babak empat besar.

Kevin/Marcus sukses membuka jalan di partai pertama dengan kemenangan 21-14, 21-18. Mereka mengalahkan Takeshi Kamura/Keigo Sonoda dalam waktu 42 menit.

Kedudukan menjadi imbang, ketika Gregoria tak berhasil mengatasi Akane Yamaguchi. Gregoria kalah dua game langsung dengan skor 13-21, 13-21.

Memasuki partai ketiga, Indonesia terpaksa harus merelakan poin di nomor tunggal putra. Anthony Sinisuka Ginting yang diturunkan untuk menghadapi Kento Momota, langsung takluk straight game, 17-21, 19-21.

Tertinggal 1-2 membuat langkah Indonesia kini semakin berat. Greysia/Apriyani yang diharapkan bisa memperpanjang napas Indonesia, harus menyerahkan kemenangan pada lawan usai berjuang selama 51 menit. Mereka kalah 15-21, 17-21 dari Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara.

Baca juga : [Piala Sudirman 2021] Skuad Indonesia Jajal Lapangan Pertandingan

Hasil ini membuat partai di ganda campuran yang mempertemukan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti dan Yuta Watanabe/Arisa Higashino tak lagi dimainkan. Indonesia harus mengakui keunggulan Jepang dengan skor 1-3.

Piala Sudirman 2019 akhirnya dimenangkan oleh China yang melaju ke final dengan mengalahkan Thailand 3-0. Di partai puncak, China kembali membungkam lawannya dengan merebut kemenangan 3-0 atas Jepang. China sukses merebut trofi kemenangan di Piala Sudirman untuk kesebelas kalinya. (NAF)