Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Fernando/Wifqi Finalis
03 April 2011
Fernando/Wifqi Finalis
 
 

Pasangan ganda putra PB Djarum, Fernando Kurniawan/Wifqi Windarto berhasil melaju ke final Vietnam Challenge 2011. Final ideal antara dua unggulan teratas di partai tersebut akan disuguhkan di Hanoi hari ini, 3 April 2011.

Unggulan pertama, Fernando/Wifqi melaju ke final setelah menang WO dari Andika Anhar/Hendra Setyo di semifinal. Sebelum itu, di perempat final mereka mengalahkan pasangan Indonesia lainnya, yakni, Rizki Yanu Kresnayandi/Albert Saputra dengan skor 21-12 dan 21-10. Yang menarik, Rizki/Albert melaju ke perempat final tersebut dengan mengalahkan unggulan kelima asal Korea Selatan, Cho Gun Woo/Kang Ji Wook dengan pertarungan ketat 21-19, 11-21, dan 21-18 walaupun setelahnya mereka akhirnya dihentikan oleh Fernando/Wifqi.

Di final, Fernando/Wifqi akan berhadapan dengan unggulan kedua asal Thailand, Patiphat Chardchalaem/Nipitphon Puangpuapech. Pasangan muda negeri gajah putih ini melaju dengan susah payah ke babak final. Tsai Chia Hsin/Tseng Ching Chung (TPE) benar-benar memberikan pertarungan sengit di semifinal kemarin sebelum akhirnya kalah 16-21, 21-15, dan 12-21.

Kedua finalis tersebut belum pernah bertemu sebelumnya, dan secara peringkat dunia mereka sebanding; Fernando/Wifqi peringkat 72 dunia, sedangkan Patiphat/Nipitphon peringkat 74 dunia. Secara prestasi, di turnamen yang sama tahun lalu Fernando/Wifqi terhenti di perempat final, sedangkan Patiphat/Nipitphon tahun lalu tidak ikut di Vietnam tapi sempat menjuarai Lao International Challenge 2010. Kabar baiknya, baik Patiphat maupun Nipitphon tidak memiliki historis kemenangan saat berhadapan dengan wakil merah-putih, karena itu seharusnya mental mereka dapat lebih digoyahkan jika Fernando/Wifqi mampu bermain tangguh dan menekan sedari awal pertandingan.
Empat finalis di partai putra berasal dari empat negara berbeda. Jika di ganda, Indonesia berhadapan dengan Thailand, tunggal mempertandingkan wakil Korea Selatan (Lee Dong Keun) dengan wakil Singapura (Ashton Chen). (DC)