Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Berkumpulnya Ganda-Ganda Putra Terbaik Dunia
21 Juni 2011
Berkumpulnya Ganda-Ganda Putra Terbaik Dunia
 
 

Mulai hari ini, Jakarta akan diguncang oleh mega turnamen Indonesia Open Super Series Premier 2011 yang menyediakan total hadiah sebesar US$600 ribu untuk para pemainnya. Partai ganda putra dijejali oleh pasangan-pasangan kaliber dunia, termasuk 10 ganda terbaik dunia saat ini. Persaingan akan panas.

Yang paling menarik tentunya pertemuan kembali antara Alvent Yulianto Chandra/Hendra Aprida Gunawan dengan Fu Haifeng/Cai Yun (China) di babak pertama. Baru saja dua hari lalu mereka bertemu di final Singapore Open Super Series yang dimenangkan oleh Fu/Cai dua game langsung.

“Pelajaran kita adalah untuk bisa bermain lebih cepat saat melawan mereka,” ujar Hendra usai pertandingan finalnya di Singapore Open pekan lalu. “Karena mereka sangat cepat dan pertahanannya sangat rapat.”

Selain itu, Mohammad Ahsan/Bona Septano juga akan melalui pertandingan yang tidak mudah di awal. Mereka bertemu Hoon Thien How/Mohd Zakry Abdul Latif (Malaysia) yang sempat melaju ke perempat final All England dan Malaysia Open Super Series tahun ini. Ahsan/Bona sendiri adalah perempat finalis All England dan Swiss Open Grand Prix Gold serta semifinalis Malaysia Open Super Series tahun ini, namun mereka belum pernah bertemu pasangan Malaysia peringkat ke-Indonesia 28 tersebut.

Markis Kido/Hendra Setiawan sendiri menjadi unggulan ketujuh dan akan menghadapi lawan yang lebih “mudah,” yaitu Adam Cwalina/Michal Logosz dari Polandia.

Indonesia hanya memiliki tiga pasangan di babak utama, yang semuanya berada di 10 terbaik dunia. Negara dengan jumlah pasangan terbanyak adalah Jepang dan Malaysia, masing-masing empat pasangan.

Namun Indonesia masih berpeluang menambahkan wakil di babak utama jika ada yang lolos dari kualifikasi. Atlet PB Djarum yang berjuang dari babak pra tersebut adalah Rahmat Adianto/Berry Angriawan, Luluk Hadiyanto yang berpasangan dengan Imam Sodikin Irawan, Yohanes Rendy Sugiarto/Afiat Yuris Wirawan, Fernando Kurniawan/Wifqi Windarto, dan Muhammad Ulinnuha yang berpasangan dengan Ricky Karanda Suwardi.

Kesepuluh pasangan terbaik dunia saat ini juga terlihat hadir. Mereka adalah Mathias Boe/Carsten Mogensen (Denmark) yang pekan lalu mengundurkan diri dari Singapore Open; juara Thailand Open Jung Jae Sung/Lee Yong Dae (Korsel); juara Singapore Open Fu Haifeng/Cai Yun; pasangan terbaik Malaysia Koo Kien Keat/Tan Boon Heong; Ko Sung Hyun/Yoo Yeon Seong (Korsel); Fang Chieh Min/Lee Sheng Mu (Taipei); dan Hirokatsu Hashimoto/Noriyasu Hirata (Jepang); selain ketiga pasangan terbaik Indonesia. (DC)