Diluar Arena
Home > Berita > Diluar Arena > Presiden Jokowi Beri Bonus Bagi Atlet Paralimpiade Tokyo 2020
17 September 2021
Presiden Jokowi Beri Bonus Bagi Atlet Paralimpiade Tokyo 2020
 
 

Presiden Joko Widodo menerima kontingen Paralimpiade Indonesia yang meraih prestasi pada ajang Paralimpiade Tokyo 2020, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (17/9). Sebanyak 36 perwakilan kontingen diterima langsung oleh Presiden Jokowi di halaman istana.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Chef de Mission Andi Herman, Ketua NPC Indonesia Senny Marbun serta atlet dan ofisial turut hadir dalam acara tersebut.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengucap syukur dan mengapresiasi prestasi yang telah diraih atlet Paralimpiade Indonesia di ajang olahraga tertinggi bagi atlet disabilitas tersebut.

“Alhamdulilah, seluruh kontingen Paralimpiade Tokyo telah tiba di Tanah Air. Semua telah kembali dalam kondisi sehat. Saya dan seluruh rakyat menyambut kepulangan saudara-saudara dengan gembira, senang dan bangga. Saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas perjuangan dan kerja keras sehingga berhasil meraih prestasi dan mengharumkan nama bangsa dan negara,” kata Presiden Jokowi dikutip dalam rilis Komite Paralimpiade Nasional Indonesia (NPC).

Atas prestasi yang telah diraih atlet di Paralimpiade Tokyo 2020, pemerintah memberikan bonus sebesar Rp5,5 miliar bagi peraih medali emas, Rp2,5 miliar kepada peraih perak dan Rp1,5 miliar bagi peraih medali perunggu. Pemerintah juga memberi bonus kepada atlet non-peraih medali masing-masing sebesar Rp100 juta. Besaran bonus tersebut sama nilainya dengan peraih medali di Olimpiade Tokyo 2020.

“Semoga prestasi ini dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi atlet dan masyarakat Indonesia agar terus bekerja keras untuk meraih prestasi, memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara,” kata Jokowi.

Lebih lanjut Jokowi juga berharap agar para atlet dan kontingen kembali mempersiapkan diri untuk menghadapi Paralimpiade Perancis yang akan berlangsung tiga tahun lagi.

“Kita harapkan di Paralimpiade Perancis 2024, kita bisa meraih prestasi yang lebih tinggi lagi,” harap Jokowi.

Rencananya setelah diterima Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, hari ini kontingen Paralimpiade Tokyo 2020 akan melakukan perjalanan kembali ke Pelatnas di Solo, Jawa Tengah. (NAF)