Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > [Kilas Balik 2020] Radhitya Juara di Seri Pertama dan Kedua
04 Januari 2021
[Kilas Balik 2020] Radhitya Juara di Seri Pertama dan Kedua
 
 

Pebulutangkis muda Radithya Bayu Wardhana membuat catatan tersendiri dalam tahun 2020. Pemain yang lahir di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, 12 tahun yang lalu itu menorehkan namanya sebagai juara pada kejuaraan Liga PB Djarum I 2020 pada kelompok TUDPA – U11 + Tapa-U13 (tunggal usia dini & tunggal anak-anak putra).

Menjadi juara untuk pertama kalinya di sebuah kejuaraan yang juga baru pertama kali diadakan biasanya akan menjadi buah bibir. Tidak salah jika Radithya berusaha keras untuk tampil sebagai juara. Pada babak kualifikasi grup B, Radithya tampil sempurna. Dari tujuh kali pertandingan kualifikasi grup B, ia tidak pernah kalah sekalipun. Ia hanya kehilangan satu game saat bertemu Maharishiel Timotius Gain.

Sebagai juara grup, Radithya diganjar masuk babak semifinal. Radithya melesat ke babak final dengan mengalahkan Livio Cicero Benedicto Paat melalui rubber game, 23-21, 19-21, dan 21-9. Radithya yang menempati unggulan kedua, bisa merebut gelar juara usai mengalahkan unggulan ketiga Nazwan Abdillah di babak final dengan 21-13, 16-21, dan 21-7.

Sayangnya, usaha keras untuk mempertahankan gelar juara pupus. Pada ajang Liga PB Djarum II 2020, Radithya harus terhenti di babak perempat final. Partai ulangan Liga PB Djarum I 2020 terulang di babak delapan besar. Radihtya kembali harus berhadapan dengan Nazwan Abdillah. Hanya bedanya, Nazwan kali ini duduk di unggulan ketiga sementara Radithya datang tanpa embel-embel unggulan. Berbeda dengan babak final di Liga PB Djarum I 2020, Radithya kalah straight game 11-21, 11-21.

Gagal di nomor tunggal, Radithya membalasnya di nomor ganda putra. Berpasangan dengan Muhammad Rizki Mubarrok, Radithya memboyong gelar juara ganda putra U-13. Di putaran penyisihan grup A, Radithya/Rizki menjadi pemuncak dengan memenangkan seluruh pertandingan.

Di babak semifinal, Radithya/Rizki menang 21-19, 21-18 dari Tegar Alfarisi Jalu Pamungkas/Zikri Annail Praditya. Radithya/Rizki juga menang dalam dua game 22-20, 21-17 di babak final saat menjamu pasangan Calvin Kennedy Chendrawinata/Nazwan Abdillah. Pembalasan yang sempurna dari Radithya atas Nazwan Abdillah.

Di tahun 2020, Radithya juga bisa menerobos babak semifinal tunggal anak-anak putra pada ajang Daihatsu Astec Sumatera Open 2020. (AR)