Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Rendy/Afiat ke Babak Utama
19 Januari 2011
Rendy/Afiat ke Babak Utama
 
 

Tim Indonesia mendapat tambahan dua wakil di babak utama turnamen Malaysia Open Super Series 2011. Adanya pengunduran diri dari beberapa atlet di babak utama menjadi hibah bagi beberapa wakil unggulan kualifikasi. Yang mendapat hibah tersebut antara lain adalah pasangan ganda putra lulusan PB Djarum, Yohanes Rendy Sugiarto/Afiat Yuris Wirawan yang ditarik masuk mengisi tempat yang ditinggalkan Marcus Ellis/Peter Mills (Inggris), mereka akan berhadapan dengan seniornya, Luluk Hadiyanto/Candra Wijaya. Aprilia Yuswandari dan Alamsyah Yunus juga masuk ke babak utama. April menggantikan Eriko Hirose (Jepang), dan akan berhadapan dengan tunggal putri Hongkong, Yip Pui Yin yang diunggulkan di tempat ketujuh, sedangkan Alam menggantikan Sony Dwi Kuncoro yang mundur karena cedera punggungnya kambuh.

Sementara, mantan atlet tunggal putra Pelatnas, Tommy Sugiarto dan atlet ganda putra senior, Flandy Limpele yang berpasangan dengan pasangan senior Inggris, Robert Blair berhasil melaju ke babak utama kemarin (18/1). Tommy menang tipis 21-16 dan 24-22 atas putra muda Malaysia, Chong Wei Feng, di pertandingan pertama babak kualifikasi. Lawan selanjutnya adalah pemain yang lebih kental pengalamannya dibandingkan Wei Feng, yakni, Hsueh Hsuan Yi. Hsuan Yi sepanjang tahun lalu menjajali berbagai turnamen kelas Super Series dan sempat melaju ke perempat final Kejuaraan Dunia dan Kejuaraan Asia, serta menjuarai Vietnam International Challenge. Tetapi Tommy berhasil mematahkan keraguan tersebut. Dalam pertarungan selama 48 menit untuk merebut tiket babak utama tersebut, Tommy akhirnya merebut kemenangan lewat tiga set, 21-19, 17-21, dan 21-7 atas Hsuan Yi. Di babak utama, Tommy harus berusaha keras untuk meruntuhkan tembok tinggi Lee Chong Wei, sang unggulan pertama kebanggaan tuan rumah.

Dibandingkan Tommy, perjuangan Flandy/Robert ke babak utama terasa lebih datar. Mereka berhadapan dengan dua pasangan muda Malaysia yang masing-masing mereka kalahkan dalam waktu kurang dari 20 menit. Di babak utama mereka kembali akan bertemu dengan pasangan Malaysia, namun kali ini yang lebih berpengalaman, yakni, Mohd Zakry Abdul Latif/Hoon Thien How.

Sayangnya Melicia Kurniawan dan Tri Kusuma Wardhana/Nadya Melati gagal mengikuti langkah Tommy dan Flandy. Mereka terjegal di pertandingan perdananya. Melicia kalah 20-22, 10-21 dari Florah Ng Sew Fong (MAS), sedangkan Tri/Nadya kalah tipis 18-21 dan 16-21 dari atlet-atlet berpengalaman Malaysia, Koo Kien Keat/Chin Eei Hui.

Turnamen ini juga diwarnai dengan mundurnya beberapa atlet merah-putih. Selain Sony, Adriyanti Firdasari dan Meiliana Jauhari/Greysia Polii juga mundur. Firda mengalami cedera, sedangkan Meiliana/Greysia menyatakan kurang siap bertandingan karena waktu yang terlalu berdempetan dengan Final Super Series 2010 yang baru berakhir 1,5 minggu lalu.

Walau demikian, greget turnamen ini tetap kelas atas. Pada putaran pertama babak utama hari ini (19/1) akan terjadi beberapa pertandingan menarik seperti pertandingan antara Wang Yihan (China unggulan ketiga) melawan pemudi spektakuler Thailand, Ratchanok Inthanon dan menyaksikan bagaimana Lita Nurlita berpasangan dengan Saralee Thoungthongkam yang sebelumnya pernah beberapa kali mencoba berpasangan dengan Vita Marissa.

Tontowi Ahmad/Lilyana NatsirYang menarik lainnya lagi adalah melihat bagaimana konsistensi pasangan ganda campuran fenomenal Indonesia, Tontowi Ahmad/Lilyana Natsir - sang unggulan kedelapan - saat melawan pasangan China, Xu Chen/Yu Yang. Pasangan “baru” Nova Widianto/Vita Marissa juga akan menyedot perhatian saat bertanding melawan Tao Jiaming/Tian Qing (China). Selain itu, pertandingan klasik antara Taufik Hidayat melawan Park Sung Hwan juga akan menarik untuk disimak karena setiap kali mereka bertemu, selalu terjadi pertandingan super alot.

Hari ini pertandingan akan dimulai pukul 07:30 WIB di Putra Stadium, Bukit Jalil, Kuala Lumpur dan akan berlangsung sampai malam menyapa tanah jiran yang menawarkan total hadiah turnamen sebesar USD 400.000. (DC)

Hasil Pertandingan Malaysia Open Super Series 2011