Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Dandi/Jones: Sehari Dua Kali Tumbangkan Pemain Pelatnas
29 Mei 2010
Dandi/Jones: Sehari Dua Kali Tumbangkan Pemain Pelatnas
 
 

Upaya PB Djarum untuk memberikan pengalaman lebih banyak kepada pasangan Dandi Prabudita/Jones Ralfy Jansen dengan menampilkan mereka di ganda dewasa putra Djarum Sirnas Jawa Barat tidak disia-siakan keduanya. Kejutan besar dibuat keduanya pada kejuaraan yang berlangsung di kota Bandung tersebut. Meskipun mereka seharusnya masih di taruna tetapi tidak canggung tampil di kategori dewasa. Dalam waktu sehari jumat (28/5) kemarin, Dandi/Jones menumbangkan dua pasangan Pelatnas sekaligus dengan dua set langsung. Pada siang harinya, Dandi/Jones bertanding dibabak perdelapan final menghadapi Albert Saputra/Rizky Yanu Kresnayandi. Dandi/Jones mengalahkan pasangan yang beberapa tahun terakhir menghuni Pelatnas tersebut dengan 21-19, 22-20.

Kejutan belum berakhir ketika sesi malamnya Dandi/Jones berhadapan dengan pasangan pelatnas lainnya sekaligus seniornya di PB Djarum, Andrei Adistia/Rachmat Ardianto. Dandi/Jones berhasil mengalahkan Juara Sirnas DKI Jakarta tersebut dengan 21-19, 22-20. Kemenangan ini mengantarkan mereka ke semifinal untuk menghadapi juara dunia dan peraih emas Olimpiade, Markis Kido/Hendra Setiawan yang akan berlangsung hari ini (29/5). Pemenang partai semifinal ini akan berhadapan dengan pemenang antara pasangan Flandy Limpele/Hendra A Gunawan dengan pasangan Sandi Darma K/Budi Hartono.

PB Djarum juga menguasai semifinal nomor ganda taruna putra dengan meraih tiga dari empat tempat di semi final. Acungan jempol layak diberikan pada pasangan Kevin Sanjaya/Arya Maulana yang mencoba kategori taruna meskipun usia mereka masih di kategori remaja. Penampilan perdana di ganda taruna dalam ajang Sirnas membuahkan hasil manis dengan menembus babak semi final. Di babak perdelapan final, mereka menumbangkan unggulan utama, Hardianto/Ivandi Danang (Mutiara Bandung) dalam pertarungan ketat dengan skor 15-21, 21-16, 21-17. Kemudian mereka mengamankan tiket ke semifinal setelah mengalahkan Christian Gosai/Alpacino Koto (CBN Batam) 21-19, 21-10.

Dibabak semifinal, Kevin/Arya akan menghadapi rekannya yang lebih senior di PB Djarum, Sigid Sudrajad/Kenas Adi. Sebelumnya di babak delapan besar, Kenas/Sigit menaklukkan juara ganda taruna Sirnas DKI Jakarta yang juga dari PB Djarum, Felix Kinalsal/Edi Subaktiar dengan 21-18 dan 21-13. Satu tempat disemi final lagi diperoleh unggulan kedua, Rangga Yave Rianto/Praveen Jordan yang setelah mengalahkan Agi Hariawan/Wisnu H.N (Surya Baja) 21-17, 21-18. Pasangan Jaya Raya, Hafiz Faisal/Putra Eka Rhoma menyelip diantara pasangan Djarum setelah mengalahkan pasangan Djarum lainnya yang merupakan runner-up Sirnas DKI, Rizky Susanti/Lucky Ari Nugroho dengan 21-17, 21-14.

Naiknya Kevin/Arya ke kategori taruna membuat kekuatan PB Djarum di kelompok remaja menjadi berkurang. PB Djarum yang meraih tiga dari empat gelar Sirnas tahun ini di ganda remaja putra, kali ini harus melepas gelarnya setelah kalahnya pasangan Jeka Wiratama/Andrew Susanto dari Julian Arbitama/Aldo Abdillah di perempat final dengan 19-21, 16-21. Baik Andrew yang merupakan anak dari bintang bulutangkis Indonesia Hermawan Susanto, maupun Jeka sebenarnya merupakan pemain tunggal tetapi berprestasi di ganda ketika menjuarai Piala Walikota Surabaya awal Mei lalu.

Pertandingan semi final akan dimulai jam 08.00 pagi. Babak final akan dilanjutkan sore hari-nya dengan menjanjikan pertarungan seru antara beberapa pemain dan mantan pemain bintang bulutangkis Indonesia. (HK)