Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Tiga Ganda Indonesia Lolos Kualifikasi
16 Juni 2010
Tiga Ganda Indonesia Lolos Kualifikasi
 
 

Singapura, 15 Juni 2010 – Tiga pasang ganda Indonesia melaju ke babak utama setelah melalui kualifikasi. Markis Kido/Lita Nurlita dan Tantowi Ahmad/Greysia Polii akan langsung saling berhadapan di babak utama partai ganda campuran, sedangkan Candra Wijaya/Ronald Susilo akan menghadapi pasangan Inggris, Robert Blair/Chris Adcock.

Saat Kido/Lita masuk ke lapangan hari ini, mereka tampak mencolok dengan baju batik coklatnya. Berada di bawah naungan sponsor Flypower yang juga mendisain baju nasionalis tersebut sejak Januari silam, inilah kali pertama mereka berpasangan di ranah internasional. Namun ternyata hal tersebut tidak membuat permainan mereka melempem.

Pada babak kualifikasi ganda campuran hari ini dimana mereka menjadi unggulan pertama, mereka dengan mudah menyingkirkan Jeffrey Wong/Thng Ting Ting (Singapura) 21-14 dan 21-8, lalu menang tipis atas pasangan Taipei Wu Chun Wei/Hung Shih Han, 21-23, 21-7, dan 21-18. "Mereka (Wu/Hung) susah matinya," ujar Lita. "Rasanya dikasih bola apa saja balik terus."

Karena itulah, pada set ketiga Kido/Lita mengubah taktiknya dengan bermain lebih ke daerah net dan dibumbui dengan smes-smes kencang ala Kido. Walau tetap ketat karena pertahanan baik dari Wu/Hung, namun akhirnya set ketiga mampu ditutup oleh Kido/Lita 21-18.

Di lapangan sebelah, Tantowi Ahmad/Greysia Polii berjuang dengan hanya dua set saja (21-16 dan 21-12) melawan pasangan China, Liu Xiaolong/Luo Ying untuk merebut tiket babak utama. Pertarungan lebih ketat malah mereka hadapi sebelum ini, yakni, kala berhadapan dengan Hendra Setiawan/Anastasia Russkikh (INA/RUS) dimana mereka harus berjibaku 21-18, 16-21, dan 21-18.

Sayangnya, perjuangan kedua pasang ganda campuran Indonesia yang akhirnya berhasil merebut tiket babak utama ini harus terhenti di pertandingan selanjutnya karena mereka akan langsung saling bertemu. Bagi mereka yang menang, kemungkinan besar akan berhadapan dengan sesama merah-putih lainnya, yakni, unggulan pertama kiriman Pelatnas, Nova Widianto/Lilyana Natsir di babak kedua.

Selain kedua pasang ganda campuran tersebut, tiket babak utama juga jatuh ke tangan Candra Wijaya/Ronald Susilo yang dengan sangat meyakinkan melaju ke babak utama tanpa kehilangan satu set pun. Menghadapi pasangan Inggris, Robert Blair/Chris Adcock di babak utama, Candra penuh keyakinan berkata, “Peluang kami besar untuk menang atas pasangan Inggris tersebut.”

Ronald yang biasanya bermain tunggal pun ternyata tidak banyak mengalami kesulitan berpasangan dengan seorang pemain legendaris bulutangkis Indonesia.

"Saya memang suka bermain ganda sejak kecil," ujar Ronald. "Dari dulu sampai sekarang, saya mengidolakan Candra," yang diikuti deheman Candra. Candra sendiri mengatakan bahwa Ronald bermain baik dengan pertahanan kuat dan mulai beradaptasi dengan baik untuk bermain dengan tempo cepat ala ganda.

Dengan demikian, wakil Indonesia di babak utama Singapore Open Super Series 2010 pun bertambah tiga dengan lolosnya Markis Kido/Lita Nurlita, Tantowi Ahmad/Greysia Polii, dan Candra Wijaya/Ronald Susilo. (DC)