Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Hendra ke Final, Tantang Polandia
27 Juni 2010
Hendra ke Final, Tantang Polandia
 
 

Sabtu, 26 Juni 2010 – Pasangan ganda campuran gado-gado antara Indonesia dan Rusia, Hendra Setiawan/Anastasia Russkikh berhasil melaju ke babak final setelah di Singapura pekan lalu mereka gagal keluar dari kotak kualifikasi. Hari ini mengalahkan pasangan unggulan asal Korea, besok mereka akan mencoba membalas kekalahan Nova Widianto/Lilyana Natsir atas pasangan pemain senior Polandia, Robert Mateusiak/Nadiezda Zieba.

"Saya puas (dengan permainan tadi). Kita mainnya enak, lepas," ujar Hendra yang sekarang dikontrak Flypower dengan muka cerah. Wajah Anastasia pun sama cerahnya. "Sedari awal, saya sudah semangat untuk menghadapi pasangan Korea yang diunggulkan tersebut," tukas Anastasia. "Kuncinya adalah bermain sebaik-baiknya dan percaya (pada Hendra)."

Pertarungan antara Hendra/Anastasia melawan Ko Sung Hyun/Ha Jung Eun, unggulan ketujuh dari Korea Selatan berlangsung sangat ketat dan menegangkan. Pada set pertama, angka berkejaran dan saling susul-menyusul tanpa ada beda skor lebih dari tiga angka. Penonton sempat terpekik saat Hendra/Anastasia telah memimpin 17-14 namun terkejar bahkan tersusul sampai 17-19. Ko/Ha yang saat ini menduduki peringkat 11 dunia ini akhirnya mampu menutup set 21-19.
Hendra Setiawan / Anastasia Russkikh
Di set kedua, gantian Hendra/Anastasia yang bermain lebih tenang dan bersih, nyaris tanpa kesalahan sendiri. Guliran net-net cantik Anastasia yang berpadu dengan smes-smes kencang Hendra yang bertinggi badan 181 cm ini mampu menekan pasangan Korea tersebut sehingga mereka tidak mampu mengembangkan permainannya. Set kedua ini pun akhirnya jatuh ke tangan Hendra/Anastasia dengan sedikit tidak berimbang, 21-13.

Set penentuan, Hendra/Anastasia sempat membuat debar jantung penonton berdegup tak menentu karena dalam sekejab langsung tertinggal 2-7. Namun Hendra/Anastasia tetap bermain tenang, gigih, dan menekan dengan serbuan-serbuan pukulan agresif baik dari smes-smes Hendra maupun dorongan-dorongan drive Anastasia. Tiba-tiba saja mereka sudah menyamai kedudukan 9-9. Setelah itu pasangan Korea terlihat seperti kebingungan dan tertekan, sedangkan permainan Hendra/Anastasia semakin berkembang. Walaupun sempat tertahan empat kali di skor penentuan 20, namun akhirnya Hendra/Anastasia berhasil memenangkan set 21-17.

Di final hari Minggu (27/6), Hendra/Anastasia akan menghadapi unggulan ketiga dari Polandia, Robert Mateusiak/Nadiezda Zieba yang hari ini mengalahkan Nova Widianto/Lilyana Natsir, 21-12, 16-21, dan 21-19. "Mereka (lawan) bermain cepat sehingga kita kurang bisa mengatur serangan karena bola datang terus-menerus," jelas Nova usai pertandingan.

Peluang membalas kekalahan tersebut sekarang ada di tangan Hendra/Anastasia. Bagaimana pandangan mereka tentang peluang final besok hari?

"Kita berpeluang karena mereka (Robert/Nadiezda) tidak tahu model permainan kita seperti apa," tukas Anastasia positif. "(Dan) besok saya akan mengeluarkan kemampuan saya yang terbaik."

Korea, Taipei Saling Bertemu di Final

Pada dua partai ganda lainnya, Korea Selatan dan China Taipei akan saling berhadapan. Ganda putri akan menghadapkan unggulan keempat asal Taipei Cheng Wen Hsing/Chien Yu Chin dan unggulan kelima asal Korea, Kim Min Jung/Lee Hyo Jung. Cheng/Chien hari ini menundukkan pasangan Vita Marissa/Saralee Thoungthongkam 21-15, 21-15, sedangkan Kim/Lee mengalahkan unggulan pertama asal Jepang, Miyuki Maeda/Satoko Suetsuna 21-16 dan 21-18.

Sedangkan ganda putra akan mempertemukan dua pasangan non-unggulan, Fang Chieh Min/Lee Sheng Mu (TPE) dan Cho Gun Woo/Kwon Yi Goo (KOR). Fang/Lee menang tipis 15-21, 21-9, dan 22-20 atas pasangan senior inggris, Anthony Clark/Nathan Robertson, sedangkan Cho/Kwon menundukkan pasangan Jepang unggulan keenam Noriyasu Hirata/Hirokatsu Hashimoto, 19-21, 21-12, dan 21-14. (DC)