Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Yonathan/Rian lolos dari lubang jarum
26 Agustus 2010
Yonathan/Rian lolos dari lubang jarum
 
 

Pasangan Yonathan Suryatama Dasuki/Rian Sukmawan akhirnya bisa bernafas lega. Bermain rubber set selama 56 menit akhirnya mereka lolos dari lubang jarum setelah menang atas pasangan Jerman  Kristof Hopp/Johannes Shottler. Dengan hasil ini membuat skor pertemuan antara kedua pasangan ini menjadi 3-0, masih untuk pasangan Indonesia. Pertandingan di kejuaraan dunia kali ini menjadi pertandingan terlama selama mereka bertemu. Di dua pertandingan sebelumnya Yonathan/Rian selalu bisa membungkam pasangan Jerman dengan dua set langsung.

Pada set pembuka pasangan Indonesia yang menduduki peringkat 19 dunia ini menggebrak. Tercatat enam kali smes Yonathan/Rian mampu menambah pundi-pundi angka kemenangan.  Pasangan Indonesia hanya sempat tiga kali mampu disamakan pasangan Jerman. Setelah angka sama terakhir 6-6, pasangan Indonesia terus membumbung tak terkejar dan menutup set pertama dengan 21-14.

Memasuki set kedua, pasangan Jerman bermain luar biasa. Sejak dimulainya set kedua kerjar mengejar angka sedemikian rapatnya. Pasangan Jerman ini bermain sangat agresif dengan melesatkan smes keras ke arah pasangan Indonesia. Kristof/Johanes yang berperingkat 36 dunia ini tak pernah membiarkan Yonathan/Rian mempunyai selisih angka lebih dari dua. Meski jeda set kedua pasangan Indonesia sempat unggul dengan 11-10, namun setelah itu lagi-lagi kedua pasangan merapat dalam perolehan angka sampai posisi 19-19. Pasangan Indonesia sempat unggul 20-19 dan hanya memerlukan satu angka saja untuk menyudahi permainan. Namun yang terjadi justru pasangan Jerman mampu menciptakan dua kali deuce. Pada saat deuce kedua di kedudukan 21-21, pasangan Jerman malah mampu mengambil dua angka terakhir dan menutup set kedua dengan 23-21.

Pada set penentuan, pasangan Jerman berada di atas angin. Perolehan angka dari awal set ketiga tidak lagi seketat set kedua. Meski sempat terjadi angka sama pada kedudukan 2-2, pasangan Jerman melesat meninggalkan pasangan Indonesia. Jeda set ketiga pun di rebut pasangan Jerman dengan selisih angka yang cukup jauh pada kedudukan 11-5. Perlahan pasangan Indonesia mulai kembali menemukan bentuk permainannya dan sedikit demi sedikit menempel perolehan angka pasangan Jerman sampai 11-13. Setelah itu pasangan Jerman tak membiarkan pasangan Indonesia berkembang lebih jauh. Pasangan Jerman nampaknya akan memenangkan pertandingan dengan mudah, setelah unggul jauh 18-13. Namun perjuangan belum usai. Yonathan/Rian tidak mau menyerah begitu saja. Dengan perjuangan yang gigih, pasangan Indonesia ini justru mampu mengunci perolehan angka pasangan Jerman. Dengan sekali perpindahan service, Yonathan/Rian mampu memperoleh delapan angka berturut-turut dan bahkan menutup set ketiga dengan kemenganan pada kedudukan 21-18. Selanjutnya di babak ketiga pasangan ini akan menghadapi unggulan kedua yang juga dari Indonesia yakni Markis Kido/Hendra Setiawan yang mengalahkan pasangan dari Polandia Adam Cwalina/Michal Logosz dengan 23-21, 21-17. (AR)