Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Tiga Lagi Atlet Indonesia yang Masuk Babak Utama
26 Januari 2011
Tiga Lagi Atlet Indonesia yang Masuk Babak Utama
 
 

Tiga atlet Indonesia - Tommy Sugiarto, Flandy Limpele, dan Lita Nurlita - berhasil melaju ke babak utama turnamen Victor Korea Open Super Series Premier 2011 setelah berhasil melalui rintangan kualifikasi pada kemarin (25/1). Tommy akan langsung bersua unggulan keenam asal China, Lin Dan yang pekan lalu mengundurkan diri karena sakit punggung. Walk out?

“Kita lihat apakah nanti Lin Dan akan bertanding di Korea,” ujar atlet tunggal putra Indonesia Taufik Hidayat mengenai mundurnya Lin Dan di Kuala Lumpur pekan lalu. “Jika benar-benar cedera, seharusnya ia tidak akan mampu bermain di Korea.”

Taufik memang benar. Dua atlet Indonesia, Sony Dwi Kuncoro dan Adriyanti Firdasari, juga harus rela melepaskan kesempatan emas di Korea Open setelah melewatkan turnamen Malaysia Open pekan lalu karena cedera masing-masing. Tentunya mereka memilih untuk menjaga kesehatan karena cuaca di Seoul memang kurang bersahabat bagi mereka yang biasa tinggal di daerah tropis. Pada musim dingin kali ini, Seoul mengalami suhu terdingin selama lima tahun terakhir, yakni, berkisar di antara -7 sampai -15 derajat Celcius.

Jika Lin Dan benar tidak bertanding esok hari, maka Tommy akan melaju ke baabak kedua untuk bertemu antara Mohammad Hafiz Hashim (MAS) atau Marc Zweibler (GER). Selain Tommy, Flandy/Robert juga akan bertanding besok melawan Mohammad Ahsan/Bona Septano, sedangkan Lita/Saralee akan bertemu Jang Ye Na/Kim Ki Jung (KOR).

Beberapa Pertandingan Menarik Hari Ini

Kita mengharapkan pertarungan alot antara Simon Santoso melawan Boonsak Ponsana. Keduanya sudah pernah bertemu enam kali dengan skor kemenangan 4-2 untuk Boonsak, tetapi tahun lalu mereka belum pernah bertemu sama sekali sehingga ada kemungkinan Simon sudah melaju jauh dibandingkan pertemuan terakhir mereka saat Singapore Super Series 2009.

Dionysius HayomAtlet tunggal putra Indonesia lainnya juga akan menarik untuk disimak. Dionysius Hayom Rumbaka akan mencoba ketangguhan pemain senior, Peter Hoeg Gade yang menjuarai Kejuaraan Eropa dan menjadi runner up di BWF Super Series Final 2010. Sepanjang tahun lalu, Peter begitu konsisten melaju setidaknya sampai ke semifinal. Inilah tembok tinggi yang harus Hayom usahakan untuk lompati esok hari.

Akan menarik juga untuk melihat permainan pasangan ganda campuran, Hendra Setiawan/Anastasia Russkikh yang pekan lalu tidak turun bertanding di Malaysia. Pasangan ini akan langsung bertemu unggulan kelima asal China, Zhang Nan/Zhao Yunlei.

Lalu ada pula Tine Rasmussen yang sekarang sudah berubah nama menjadi Tine Baun setelah menikah. Diharapkan ia akan mampu membuat gebrakan seperti pada masa lalu dimana ia dianggap sebagai satu-satunya atlet non-China yang mampu mengimbangi pemain-pemain putri China. Di Seoul, ia akan bertemu Li Xuerui di babak pertama. Awal yang baik untuk membuktikan apakah klaim di atas masih valid.

Bagi putra-putri Indonesia lainnya, sebagian besar seharusnya mampu untuk lolos ke babak selanjutnya. Mari kita harapkan yang terbaik dari para pejuang kita di Seoul. (DC)

Hasil Pertandingan Korea Open Super Series Premier 2011

Galeri Korea Open Super Series Premier 2011