Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Berpeluang di Ganda Putra?
14 Maret 2011
Berpeluang di Ganda Putra?
 
 

Pasangan ganda putra Pelatnas Mohammad Ahsan/Bona Septano akan menjadi salah satu tulang punggung Indonesia di turnamen Swiss Open Grand Prix Gold 2011 yang akan dimulai pada hari ini (15/3) di Basel. Bersama Alvent Yulianto Chandra/Hendra Aprida Gunawan, mereka akan berusaha membawa pulang gelar dari partai tersebut. Tim China absen namun persaingan tetap ketat dengan adanya pesaing-pesaing berat dari Korea Selatan, Denmark, Taipei, dan Jepang.

Ahsan/Bona yang diunggulkan di peringkat kelima seharusnya mampu mengatasi hadangan pasangan Polandia, Adam Cwalina/Michal Logosz yang saat ini berada di peringkat 26 dunia, dan tantangan babak kedua yang akan menyuguhkan perlawanan dari antara Yoshiteru Hirobe/Kenta Kazuno (Jepang) atau Liao Min Chun/Wu Chun Wei (Taipei). Ahsan/Bona pernah mengalahkan Liao/Wu di Indonesia Open Grand Prix Gold 2010.

Di perempat finallah tampak nama-nama lawan potensial yang terlihat “garang” seperti Naoki Kawamae/Shoji Sato (semifinalis Malaysia Open Super Series 2011) dan Ko Sung Hyun/Yoo Yeon Seong (semifinalis Korea Open Super Series Premier 2011 dan pasangan peringkat tiga dunia). Ahsan/Bona belum pernah berhadapan dengan Naoki/Shoji yang belakangan ini semakin bersinar, sedangkan Ko/Yoo pernah mengalahkan mereka tipis 21-19, 21-19 di Hongkong Open Super Series 2010. Lawan berat di partai ganda putra tidak hanya dua pasangan tersebut. Terdapat pasangan-pasangan kelas berat seperti pasangan nomor satu dunia asal Denmark yang baru saja menjuarai All England 2011, Mathias Boe/Carsten Mogensen, dan juara Korea Open Super Series Premier 2011, Lee Yong Dae/Jung Jae Sung.

Lawan pertama Alvent/Hendra pun tidak mudah. Chen Hung Ling/Lin Yu Lang asal Taipei pernah mengalahkan mereka di Taipei Open Grand Prix Gold 2009, walaupun di Korea Open Super Series Premier 2011 lalu Alvent/Hendra membalas dengan kemenangan telak 21-9, 22-20. Jika berhasil melewati Chen/Lin, jalan menuju perempat final tampak terbuka lebar untuk bersua (kemungkinan besar) sang unggulan pertama, Mathias Boe/Carsten Mogensen.

Kedua pasang ganda putra Indonesia di atas akan berlaga mulai besok (16/3) karena tidak memulai dari babak kualifikasi. Di bawah ini adalah catatan prestasi mereka setahun terakhir. (DC)

Pasangan Prestasi Setahun Terakhir Prestasi Terbaik Tahun Ini
Moh. Ahsan / Bona Septano Juara Vietnam GP 2010, Indonesia GPG 2010, dan India GP 2010 Semifinalis Malaysia Open Super Series 2011
Alvent Y. Chandra / Hendra A. Gunawan Runner up Malaysia GPG 2010 dan Macau GPG 2010 Perempat finalis Malaysia Open Super Series 2011