Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Peringkat Dunia Putra PB Djarum
13 April 2011
Peringkat Dunia Putra PB Djarum
 
 

Tidak jauh berbeda dengan putri, peringkat atlet putra PB Djarum pun tak bergerak banyak. Hanya saja di tunggal putra pencapaian prestasinya sedikit lebih baik dan Dionysius Hayom Rumbaka mewakili hal ini. Peringkat dunianya masih berada di 25 besar dunia. Sebenarnya Hayom mengawali tahun ini dengan peringkat terbaiknya pada 19 dunia. Peringkat yang didapat atas prestasinya menjuarai India Grand Prix di penghujung tahun 2010 lalu. Hanya saja di tiga turnamen pembuka tahun 2011, prestasi Finalis Indonesia Open Grand Prix Gold 2010 ini tertahan di babak pertama dan hanya sempat mencicipi babak kedua pada Yonex All England Super Series 2011. Kegagalan di tiga turnamen pembuka membuat peringkatnya melorot menjadi 22 dunia.

Grafik kenaikan peringkat sedang dialami oleh Andre Kurniawan Tedjono. Hanya saja kenaikan yang didapatnya kurang signifikan. Andre hanya beranjak satu tingkat pada peringkat 58 dunia setelah minggu lalu berada pada peringkat 59 dunia. Kenaikan peringkat Andre diperoleh setelah ia bisa bertahan sampai babak ketiga pada turnamen Li Ning New Zaeland International Challenge 2011.

Di bagian ganda, pasangan Mohammad Ahsan/Bona Septano masih tetap bertahan di peringkat 8 dunia. Peringkat yang mereka pegang selama 11 minggu berturut-turut. Suatu usaha yang patut dibanggakan mengingat ketatnya persaingan di ganda putra dunia. Sampai kuartal pertama tahun 2011, pasangan nomor dua dunia Indonesia ini membuat prestasi cukup baik. Dua kali mereka bisa menembus babak perempatfinal pada turnamen Yonex All England Super Series, Willson Swiss Open Grand Prix Gold dan sekali menjadi semifinalis pada Proton Malaysia Open Super Series.

Pemain senior Luluk Hadiyanto yang berpasangan dengan Candra Wijaya masih bisa menembus 50 besar dunia. Pasangan ini masih bisa bertahan selama tiga minggu berturut-turut pada peringkat 39 dunia.

Di barisan 50 besar dunia bercokol pasangan muda Yohanes Rendy Sugiarto/Afiat Yuris Wirawan. Pasangan yang sempat mencicipi babak kedua turnamen Proton Malaysia Open Super Series 2011 ini kini berada di urutan 46 dunia. Sayangnya peringkat yang di dapatnya sekarang mengalami penurunan di banding pekan lalu yang berada pada 44 dunia.

Di luar 50 besar dunia, masih bertebaran pasangan-pasangan ganda putra asal PB Djarum. Yonathan Suryatama Dasuki/Rian Sukmawan meski belum lagi berburu gelar di luar negeri tetapi masih bisa bertahan pada peringkat 60 dunia. Di bawahnya Fernando Kurniawan/Wifqi Windarto yang baru saja menjuarai Ciputra Hanoi Vietnam Challenge 2011 melesat naik delapan peringkat menjadi 64 dunia. Nasib terbalik dialami Berry Angriawan/Muhammad Ulinnuha yang melorot tiga peringkat menjadi 71 dunia. Kenaikan juga di alami pasangan Rahmat Adianto/Andrei Adistia. Jika minggu lalu peringkat masih diluar 100 besar dunia, maka minggu ini kedua pemain ini bisa menembus 100 besar dunia. Kenaikan 11 peringkat membuatnya berada pada 90 dunia. (AR)