Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Tanding di Luar Negeri Sekalian Reuni
16 Juli 2013
Tanding di Luar Negeri Sekalian Reuni
 
 

Bertanding dengan skala internasional yang berlangsung di luar negeri, rupanya memiliki cerita tersendiri bagi Ihsan Maulana Mustofa dan Setyana Mapasa. Kedua atlet yang turut memperkuat tim Asia Junior Championships 2013 ini, selain bertanding juga memanfaatkan momen untuk reuni dengan teman-teman sesama pubulutangkis, dari luar negri.

Ihsan misalnya, atlet tunggal putra besutan PB Djarum ini rupanya cukup dekat dengan pemain Thailand, Pannawit.

"Ya kita cukup dekat sih, tapi paling sebatas chatting, via line, ngobrol-ngobrol aja. Biasanya tentang bulutangkis aja sih, nggak tentang lain-lain, kalau trik atau latihan mah tetep rahasia. Kemaren juga dia sempat minta baju saya," kata Ihsan.

Tak jauh berbeda dengan Ihsan, Setyana Mapasa atau yang akrab disapa Tyana juga cukup dekat dengan beberapa pemain luar negri, seperti Pannawit dari Thailand, Aya Ohori dari Jepang, beberapa pemain Malaysia dan Filipina dan lainnya. Tak sebatas mengobrol biasa, bahkan Tyana juga suka jalan-jalan bersama di waktu senggang jika tidak ada jadwal pertandingan.

"Seru aja banyak teman dari mana-mana. Kalau tanding di negara lain jadi bisa sekalian tau. Bahkan saya pernah janjian, pas holiday ke negara mereka, kita ketemuan," kata Tyana. "Main di luar negeri atau pertandingan berskala internasional bikin kita sekalian reuni, kumpul dan ketemu temen-temen," tambahnya.

Ditambahkan oleh Ihsan dan Tyana, kerap turun bertanding di luar negeri bisa memperluas pertemanannya dengan pemain luar negri. Selain itu juga bisa melatih kemampuan berbahasa Inggris mereka.

Namun meski akrab di luar lapangan, Ihsan mengaku tetap membatasi pembicaraannya. Jadwal dan pola latihan menjadi salah satu hal yang tidak dibicarakannya. "Ya karena itu kan masalah strategi di lapangan. Kalau diceritain semua bisa bocor dong rahasia permainan kita," kata Ihsan sambil tertawa ringan.

"Walaupun di lapangan kita saling bersaing, di luar lapangan kita bisa berteman," tambah Ihsan lagi. (NM)