Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > AirBadminton Resmi Dipertandingkan di ANOC World Beach Games 2023
14 Agustus 2022
AirBadminton Resmi Dipertandingkan di ANOC World Beach Games 2023
 
 

Pesta Olahraga Pantai Dunia 2023 atau disebut dengan ANOC World Beach Games 2023 akan berlangsung di Bali pada 5-12 Agustus 2023. Ini menjadi edisi kedua World Beach Games setelah perhelatan pertama di Doha, Qatar, tahun 2019. Sedianya, World Beach Games dilaksanakan dua tahun sekali tapi pandemi Covid-19 membuat ajang ini batal digelar pada tahun 2021. Baru di tahun 2023, World Beach Games kembali digelar.

Menjadi istimewa karena cabang olahraga AirBadminton akhirnya resmi dipertandingkan untuk pertama kali. AirBadminton adalah permainan bulutangkis di luar ruangan dengan beberapa modifikasi seperti shuttlecock khusus.

Kepastian ini dijelaskan Kepala Bidang Hubungan Luar Negeri, Bambang Roedyanto atau yang akrab disapa Rudy.

"Awal cerita saya bertemu Ketua NOC Indonesia, Bapak Raja Sapta Oktohari di Olimpiade Tokyo 2020. Beliau mengatakan bahwa Bali akan ditunjuk sebagai tuan rumah World Beach Games 2023. Lalu saya menawarkan AirBadminton untuk dipertandingkan di sana dan beliau tertarik," kata Rudy.

"Setelah itu saya juga berbicara dengan Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) dan mereka setuju. Kami pun berdiskusi lalu mengajukan kepada ANOC (The Association of National Olympic Committees) selaku penanggung jawab World Beach Games. Syukur Puji Tuhan akhirnya disetujui," lanjut Rudy.

AirBadminton menjadi salah satu cabang olahraga tambahan di luar 10 cabang olahraga wajib, yaitu aquathlon, bola tangan pantai, sepakbola pantai, tenis pantai, voli pantai 4x4, polo air pantai, gulat pantai, karate, selancar layang, dan renang perairan terbuka 5km.

Nantinya, AirBadminton akan mempertandingkan empat nomor, yaitu beregu campuran, triple putra, triple putri, dan triple campuran. Peserta pun dibatasi hanya 36 atlet putra dan 36 putri dari seluruh negara.

"Tanggal 24 Agustus nanti akan ada rapat pertemuan untuk penentuan semua teknis yang lebih detail mengenai AirBadminton World Beach Games 2023," tutur Rudy.

"Yang pasti akan ada empat medali yang diperebutkan melalui sektor beregu campuran, triple putra, triple putri, dan triple campuran. Peserta pun dibatasi hanya 36 atlet putra dan 36 putri seluruh negara," jelas Rudy.

Rudy juga menambahkan, BWF akan menggulirkan beberapa turnamen AirBadminton sebagai babak kualifikasi menuju World Beach Games 2023. Jumlahnya berapa dan negara mana saja yang ditunjuk sebagai tuan rumah akan diumumkan berikutnya.