Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Demam Pesta Bola Dunia Merambah Legenda Bulutangkis Indonesia
23 November 2022
Demam Pesta Bola Dunia Merambah Legenda Bulutangkis Indonesia
 
 

Demam Pesta Bola Dunia 2022 juga menyebar ke kalangan insan bulutangkis Indonesia. Salah satunya adalah legenda bulutangkis Indonesia, Christan Hadinata. Mantan pebulutangkis era 70-an hingga 80-an itu ternyata sangat gemar menonton pertandingan sepak bola sejak dulu.

"Saya sih gemar nonton bola sudah sejak dulu. Hiburan di kala istirahat dari latihan atau pertandingan bulutangkis. Dan sejak tidak lagi menjadi atlet dan pelatih, pertandingan sepak bola adalah tontonan wajib saya yang kedua setelah bulutangkis," kata Christian.

Pada gelaran Pesta Bola Dunia 2022 yang saat ini tengah berlangsung di Qatar, legenda bulutangkis yang juga akrab disapa Koh Cris, sangat menantikan ajang empat tahunan ini. Akan tetapi, ketika ditanya soal negara yang ia jagokan, Koh Cris mengaku belum bisa memberikan jawaban pasti, mengingat ia belum sepenuhnya melihat kemampuan masing-masing negara peserta di Pesta Bola Dunia kali ini.

Ya masih awal banget sebenarnya, kayaknya tim yang saya jagokan masih saya cari-cari. Kayak kemarin Prancis malah kebobolan lebih dulu pas lawan Australia di penyisishan Grup D, walaupun akhirnya jadi menang 4-1. Terus Inggris awalnya agak sulit juga sebelum akhirnya menang 6-2 lawan Iran di Grup B. Dan yang paling berat Argentina sebenarnya, walaupun mereka punya bintang top seperti Lionel Messi, tetapi mereka pontang panting di lapangan saat lawan Arab Saudi sampai kalah 1-2 di Grup C. Bahkan 1 goal Argentina pun dicetak karena penalti,” papar Koh Cris.

Meski demikian, Koh Cris mengatakan sejauh ini dirinya melihat peluang pada tim Prancis. Bukan tanpa alasan, juara dunia bulutangkis 1980 ini punya analisa yang menurutnya tim Prancis bisa diunggulkan.

Kalau melihat tempo permainannya sih setelah keboolan satu di awal pertandingan, saya lihat Prancis lebih siap di Pesta Bola Dunia saat ini. Karena menurut saya kalau di awal pembukaan pertandingan bola langsung kebobolan duluan, agak susah balesnya. Tetapi ini kok bisa langsung cetak 4 goal berturut-turut. Selain itu pola dari cetakan goalnya bagus-bagus,” tutur Koh Cris.

Komposisi timnya pun diperkuat pemain-pemain top, yang semakin membuat saya yakin Prancis lebih siap kali ini. Selain itu ada Kylian Mbappe yang dribbling, sprint dan akurasinya kuat sekali. Intinya yang saya lihat sejauh ini tim Prancis timnya sangat kokoh,” jelas koh Cris.

Koh Cris sendiri masih penasaran dengan beberapa negara yang belum melakoni laga perdana di Pesta Bola Dunia 2022.

Saya masih penasaran dengan kemampuan Portugal, Brazil, dan Jerman, kemampuannya saat ini seperti apa. Pastinya Pesta Bola Dunia tahun ini bakal sangat seru untuk dinikmati,” tutup Koh Cris. (AH)